313

“ada yang tahu ini berapa?”

“313.”

“Betul.

313 tentara ISLAM itu mengalahkan ribuan tentara Quraisy bersenjata lengkap.

Anak-anakku.. kekuatan itu dibentuk oleh IMAN, bukan oleh jumlah tentara.

Jadi, ingatlah anak-anakku.. TEGUHkan PENDIRIANmu.

Kalian harus punya keTEKUNan. harus punya KEINGINAN yang kuat untuk mencapai CITA-CITA.

Kalian harus punya keBERANIan dan PANTANG MENYERAH menghadapi tantangan macam apapun.

Dan ingat, hiduplah untuk memberi sebanyak-banyaknya, bukan untuk menerima sebanyak-banyaknya.”

Dialog diatas adalah bagian paling kusukai di film laskar pelangi. Nasihat Pak Harpan dalam menanamkan keimanan untuk menggapai cita-cita…

bagi 10 murid istimewa di SD itu…

sekolah yang.. seperti dikisahkan dalam dialog antara Pak Zul dan Pak Harpan ini…

“Aku tak paham bagaimana cara kalian mempertahankan sekolah ini..? biayanya.. gajinya..”

“Zul, selokah ini adalah sekolah dimana pendidikan agama, pendidikan budi pekerti bukan sekedar pelengkap kurikulum.

kecerdasan diliat dari sekedar nilai-nilai, dari angka-angka itu.. BUKAN..

tapi..dari HATI, Zul..”

“lihat diri kau Zul. Dari mana kau dapatkan rasa kepedulian itu?

orang, biasanya ni, kalo sudah terlalu nyaman , punya kekuasaan, punya uang banyak, lupa diri.

maunya tambah kekuasaan, tambah kekayaan, dengan menghalalkan segala cara.

kalo perlu.. seluruh kekayaan negeri ini untuk keluarganya saja tu.

tetapi kau Zul, enggak.. karena kau didikan sekolah serupa..

di Jogja.

Jadi sekolah ini tak boleh ditutup.”

Dan dari percakapan bu Mus dan Pak Harpan:

“Gak ada orang yang peduli dengan sekolah kita, pak.

semua orang tak percaya bahwa anak2 miskin pun punya hak untuk belajar”

“iya, yang penting kita, kita ndak boleh putus asa, tugas kita adalah ngeyakini anak-anak ini, bahwa mereka harus berani punya cita-cita.”

“iya pak, iya.

kita berdua harus kerja lebih keras lagi, pak. biar semua orang percaya bahwa sekolah ini ada.

dan pantas untuk dipertahankan.

kita berdua harus kerja lebih keras lagi, pak.

lebih keras lagi.”

Yup, kekuatan itu dibentuk dengan IMAN.

keTEGUHan PENDIRIAN, keTEKUNan, KEINGINAN yang kuat, keBERANIan dan PANTANG MENYERAH menghadapi tantangan macam apapun.

Itu yang harus kulakukan untuk mewujudkan salah satu CITA-CITAku..

Membentuk sekolah seperti itu..

Sekolah dimana pendidikan AGAMA, pendidikan BUDI PEKERTI bukan sekedar pelengkap kurikulum.

kecerdasan diliat dari sekedar nilai2, dari angka-angka itu.. BUKAN..

tapi..dari HATI

Terlepas dari banyak yang mengecam keberadaan sekolah.. karena kini fungsi sebagai wadah untuk mendidik generasi penerus bangsa ini sudah sedemikian jauh dari yang seharusnya.

Aku hanya ingin mengubahnya… memperbaikinya..

Tidak hanya 1 sekolah, tapi sebanyak-banyaknya sekolah.

“Hiduplah untuk memberi sebanyak-banyaknya, bukan untuk menerima sebanyak-banyaknya.”

Inilah, aku.. disini.. belajar tentang pendidikan… Sekolah Dasar.

Berharap bisa membuat penelitian tentang bagaimana para ‘ulama itu belajar di masa-masa kecilnya.

Bagaimana para ilmuan ISLAM itu dididik di saat masa anak-anaknya.

Dan itu yang akan kupakai untuk anak-anak didikku nanti, insya ALLAAH.

Meski aku ada di kampus non-Muslim…

Aku yakin aku BISA, insya ALLAAH

=)

“Dan katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan RasulNya serta orang-orang yang beriman

akan melihat pekerjaanmu itu dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah)

yang mengetahui perkara ghaib dan yang nyata.

Lalu diberitahukannya kepada kamu apa saja kamu kerjakan.

(TQS At-Taubah : 105)

# subhanallaah.. baru aja dapet kabar, salah seorang akhwat ’07 di kampusq sudah memutuskan untuk mengenakan jilbab.. alhamdulillaah, sudah 3 orang yang memutuskan untuk kemudian mengenakan jilbab.. semoga terus bertambah.. meski kami, minori
tas di sini..

Tentang kampusku.. kapan2 deh, ceritanya.. insya ALLAAH..buanyak hikmah di sini..

peace n_nv.

43 thoughts on “313

  1. jaraway said: # subhanallaah.. baru aja dapet kabar, salah seorang akhwat ’07 di kampusq sudah memutuskan untuk mengenakan jilbab.. alhamdulillaah, sudah 3 orang yang memutuskan untuk kemudian mengenakan jilbab.. semoga terus bertambah.. meski kami, minoritas di sini..

    aamin..btw, minoritas? hmm semakin bertannya2

  2. adamdesign said: aamin..btw, minoritas? hmm semakin bertannya2

    *senengnya dido’ain.. syukron..=)hehe.. yes.. sukses bikin tambah bingung..yup, kami minoritas

  3. penasulung said: “kampus non muslim??, minoritas??”sama dengan kak adam, bertanya2 :-?

    iya, kampus non-muslim.. di kelasku 45 orang yang muslim cuma 10 orang..padahal prodiku termasuk yang paling banyak muslimnya..=)sabar ya fit, tunggu episode selanjutnya.. halah!!

  4. hokage5056 said: yah,kirain tentang apa…ternyata ngebahas sinetron..he2..

    ih… beda kalee, tak terima aku..film laskar pelangi koq disamain ma sinetron.. beuh.. ngajak berantem nih..hehe..=)

  5. hokage5056 said: wah…maaf…bukan sinetron y?bukannya itu yg ada di TPI ?

    idihhh fajar ga suka sinetron sama sekali… yo ora ngerti, apalagi TPI… ga ada di tipiq..bukan…ini mah, film..

  6. biangla2hati said: ditunggu mbak cerita kampusnya… jadi ikutan penasaran ^_^

    huehehehehe…selamat menunggu…jadi males nulis ni banyak yang nungguin,kalo dah pada tau ga seru lagee..hehega ding, bercanda

  7. jaraway said: huehehehehe…selamat menunggu…jadi males nulis ni banyak yang nungguin,kalo dah pada tau ga seru lagee..hehega ding, bercanda

    emangnye mbak fajar kuliah dikota mana toh ? kan klo di bandung, univ yang muslimnya minoritas tuh unpar… lah kalo jogja or magelang univ apa yak ?

  8. biangla2hati said: emangnye mbak fajar kuliah dikota mana toh ? kan klo di bandung, univ yang muslimnya minoritas tuh unpar… lah kalo jogja or magelang univ apa yak ?

    di jogja ra..=)hehehe.. banyak kalo di Jogja tuh..yah, ntar yak..sabar..tunggu cerita selanjutnya..

  9. tjapplien said: saya ikut kata penonton laen aj, PENASARAN !!!wah, mbak sutradara jgn lama2 critain kelanjutannya, penonton kecewa lho… :P

    wah, profesi baru ki ya..sutradara,,apik..apik..hehehega bermaksud marai suwi plien.. ming bingung arep nulis apa..& lagi hunting pinjeman camdi nggo motret kamposq..hehehe

  10. tjapplien said: oOo…ntar tak pinjemin mbak, nunggu aj TIKI dateng…gek ndang dimarek’e, grrrrrr !!!

    ming ngenteni TIKI to.. tapi ra ana kiriman teka..heheapane sing gek ndang dimarekke?

  11. jaraway said: yup, smangaD!!!…apa hubungannya ma minum air bening si sky??

    kalau minum darah kan haram :D jadi supaya semangatnya tetap suci bagusnya tetap minum air bening :D

  12. tjapplien said: bisa juga…lha tergantung kalimat kan…bhs jawa/Indo itu kan kadang ada yg gak baku dan saru…

    huss.. saru..heheiyo, trekgandeng konteks kalimat..i see i see

  13. jaraway said: # subhanallaah.. baru aja dapet kabar, salah seorang akhwat ’07 di kampusq sudah memutuskan untuk mengenakan jilbab.. alhamdulillaah, sudah 3 orang yang memutuskan untuk kemudian mengenakan jilbab..

    alhamdulillah …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s