Politik Wayang ato Wayang Politik, upz.. he2 [babak 1: Hasta Brata]

Huehehe.. apaan deh Jar.. wkwkwkw..

Ni gara2 nonton Mata Najwa tempo hari pas bahas 1 tahun KIB jilid 2.

Judulnya “Drama Politika”.. hihi, pengen aja ngupas lagi..

Di babak 1 ini saya pengen ngupas kembali tentang filosofi Hasta Brata. Cukup terkesima saya melihat (mbah) Sujiwo Tejo menggunakan perumpamaan wayangnya ala Mahabarata untuk mengkritisi pemerintahan saat ini. Pengibaratannya unik-unik. Wihihi…

[secara, wayang ma kethoprak tu tontonan jaman masih mungil, pas masih bocah, jadi melekat di ingatan & nyambung lah]

Hasta Brata, hasta >> delapan; brata >> laku, watak sifat atau karakter

Nah, Hasta Brata di sini yang dimaksud adalah delapan karakter yang seharusnya dimiliki oleh pemimpin.

1) Seperti matahari

yang memberi energi, semangat.

2) Seperti bulan

yang menerangi saat gelap malam.

3) Seperti bintang

yang mengarahkan, sebagai navigator, penunjuk arah angin bagi nelayan di tengah lautan.

4) Seperti bumi

yang diinjak-injak, dipacul, tetep menumbuhkan tanaman.

5) Seperti api

yang tuntas kerjanya, tanpa ragu-ragu.

6) Seperti gunung

yang teguh pada pendirian.

7) Seperti samudera

yang tidak pernah sesak, meskipun bertubi-tubi hujatan namun tetap mengakomodasi suara rakyat (yang dipimpin).

8) Seperti air

yang tidak pernah lebih rendah dari siapapun, tidak pernah lebih tinggi dari siapapun.

[Berdiri bareng Obama juga ga lebih rendah, berdiri di samping mbah Surip pun ga merasa lebih tinggi]

3 hal yang paling menonjol, menurut (mbah) Sujiwo Tejo belum ada dalam diri pemimpin negeri ini :

Seperti matahari,

Kata Sujiwo tejo, “Aku kalo nonton fajar pagi tu luar biasa memancarkan semangat”, [huehehehe.. jadi pengen narsis.. wkwkwk]

Tapi sayang kita belum melihat pemimpin bangsa ini seperti itu saat ini.

Bagi beliau, ngeliat di tv aja udah biking a semangat, lhoh?! Whehehehe.

Seperti Api,

Kalau api itu kan tuntas kerjanya, saat ini belum seperti itu. Banyak PR-PRnya. Pekerjaan pemerintah yang ga kelar-kelar, tertunda, seperti antrian di bioskop saat film laris lagi tayang. Seperti meng-esbatu-kan masalah yang ada sepanjang perjalanan, bukan menuntaskan.

Seperti bintang,

Belum bisa merasa memiliki pemimpin yang mengarahkan atau memberi petunjuk ke mana kapal sang nelayan ini harus berlayar.

Skali lagi, ini menurut (mbah) Sujiwo Tejo…

Titik tekan yang menarik bagi saya adalah filosofi tentang Hasta Brata itu sendiri. 8 pengibaratan sifat pemimpin. Sebuah pembelajaran bagi kita dalam bekal menjadi pemimpin, selayaknya memiliki karakter seperti Hasta Brata itu. Dan bukankah setiap diri kita adalah pemimpin, minimal bagi diri kita sendiri.

#ni tulisan belum selesai…. lagi males nerusin.. qiqiqi.. peace.. n_nv

kapan2 deh.. insyaAllaah..=)

Advertisements

34 thoughts on “Politik Wayang ato Wayang Politik, upz.. he2 [babak 1: Hasta Brata]

  1. adiraf22 said: wah tau wayang juga cah ayu iki..sipp tak tagih kelanjutannya…

    weee..ndhek cilik tontonane wayang je mba.. hihii..pelajaran Basa Jawi SD, SMP juga kathah wayng-e.. wkwkwwuaduh.. semoga bisa.. =)

  2. biangla2hati said: huehehe… kalau deket obama, langsung bilang Yang Mulia Obama*cieeee yang namanya disebut sebut :)

    ih, aku sebel banget tau ra.. tau istilah ntu.. *curcol.. hihihiiye donk.. fajar gtu.. wkwkwk =))

  3. utewae said: saya dengar yang bilang sujiwo tedjo aja males, mbak…mboh ngapa…padahal dulu sempet tertarik banget

    huehehehe.. mm, banyak hal yang sangat ga kusetujui dari caranya si te..biasa aja kalo aku si.. cuma lagi pengen ngutip aja tu filosofi hasta brata..

  4. syairpedangsulaiman said: susye emang nek klo pemimpin udah kaya “cetak biru” dari pemimpin sebelumnya (dlm hal ketidakbagusan). klo ga pemimpinnya, ya org2 di sekelilingnya. *ngadusamanenek

    ni cucu satu tukang ngadu ternyata.. wkwkwk..ini lebih introspeksi ke diri sendiri si cu.. kan masing2 kita adalah pemimpin, jangan sampe kita pun sekedar “cetakbiru” ketidakbagusan sesepuh2 sebelum kita.. hehehe

  5. vivfee said: yang khas dari wayang-bumi gonjang ganjing,dunk dunk pletak dunk dunk neng nang neng guoong…qeqeqe

    vivi gonjang ganjing..wkwkwkwk..krompyanng.. ting tang ting dong.. qiqiqiqi

  6. vivfee said: huaaahuaaa,nggak mauuuufajar gonjang gunjing ganjung,qeqeqe….*pletak dipukul dalang

    yez ye yez….. =p weeeeeee… ra iso.. fajar ki wis ono ning tulisan.. sing kueren lah.. =))haghaghag….. *klonthang.. diuncali theklek ro vivi..wkwkw

  7. vivfee said: hiiaaaaaattt,ra iso mb,aku meh nggawe tulisan sing ana vivi-ne keren,qeqeqe….Gubraaaaak,sebelum nulis nyolong ide dr mb fajar….hahaha

    iso lah vi.. sekarepku lah.. *ra gelem kalah.. =)))))jiaaaahhhhh, angel vi.. secara.. fajar ki wis kebacut keren.. *pletakk

  8. fitrahkautsar said: maaf..maaf…semuanya…tapi apa kuasa saya…coba saja menuntut pada semar dan bagong yang membuat lambat perjalanan raden rama karena menambah berat beban kereta kencananya gatot kaca…

    moh.. nuntut ning fitrah ae.. sing ngajak bagong & semar ngungsi.. lhoh?!

  9. deeu47 said: wah, aku ga nonton mata najwa yg ini *jarang liat tipi jugapemimpin mbeling ga dbahas ta?

    aku juga jarang liat tipi.. kalopun nonton yang acara beginian..berita palingan.. hihihiga e.. ini titik tekannya bukan di situ dee, belum selese ni tulisan.. tapi aku males nerusin.. hehehe

  10. destipurnamasari said: kok aku rada’ horor ya ngeliat wajahnya sujiwotejo mbak.jadi klo dia ngomong aku mending merem sambil dengerin

    yah.. aku juga kalo ngeliat muka cowok horor dest..wkwkwsiapapun.. otomatis.. wihihihi..makanya qbilang titik tekannya bukan si sujiwo tejonya, tapi.. hasta bratanya.. hoho

  11. tranparamole said: tulisan langkajarang2 nemu beginian di empebagian 2 nya..

    ealah rom, rom, lupa takreply coba..masa jarang sie? emang ini tulisan yang kek mana?hahahahaha.. itulah salah satu enggan yang kumaksud..wkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s