menara bertingkat..

Seorang insinyur akan membuat sebuah menara yang ujungnya akan dipasangi kubah. Menara tersusun atas beberapa tingkat. Nah minggu pertama tingkat 1 sudah jadi, kemudian dilanjutkan tingkat 2 pada minggu kedua.
Namun baru setengah jalan unsur-unsur penyusun menara tingkat 1 meluruhkan diri. Sang insinyur bingung kemudian ia coba membangun lagi tingkat 1 karena tak mungkin ia membangun tingkat 2 dan seterusnya tanpa melalui tingkat 1.
Setelah sekian lama, melewati tenggat yang ditentukan, melalui kesulitan-kesulitan akhirnya selesailah menara tingkat 1, kini siap membangun tingkat 2 dan seterusnya dengan segala permasalahannya.
Akhirnya ia berhasil membangun menara dengan sebuah kubah cantik di ujungnya. Ia gembira tetapi ternyata ia tidak tahu bagaimana cara memelihara menara itu supaya tetap kokoh sepanjang masa.
Apa ya, yang semestinya ia lakukan ketika hendak membangun menara tersebut berikut pemeliharaannya?
#tiba2 teringat pengibaratan ini……. yang pernah kubaca/kudengar entah dimana, *lupa…
jika kita yang terposisikan berada di tingkat pertama, bahkan di pondasi.. smoga tidak pernah ada kata “meluruhkan diri”..
gambar dari sini
Advertisements

62 thoughts on “menara bertingkat..

  1. bagus lagi.., *bikin fajar geer meneh :Dhmm…munngkin bisa diperumpamakan dg aqidah yak.., aqidah sebagai tingkat pertama (pondasi) keislamannya seseorang, klo pondasinya kuat n struktur bangunannya bagus.., so insyaAlloh bangunan islam dalam diri bakal terjaga :)

  2. nisaasite said: bagus lagi.., *bikin fajar geer meneh :Dhmm…munngkin bisa diperumpamakan dg aqidah yak.., aqidah sebagai tingkat pertama (pondasi) keislamannya seseorang, klo pondasinya kuat n struktur bangunannya bagus.., so insyaAlloh bangunan islam dalam diri bakal terjaga :)

    aih.. aku tersapu ki mah.. wkwkwkwkw..=pbisa juga.. jangan sampai ketika membangun tingkat kedua.. bagian pertamanya sampai meluruh.. siph3..=)

  3. puritama said: kalo diibaratkan pemerintahan…apa ada pondasi yang kokoh ya? ^^*kayaknya mesti duit melulu :Dyeahh, kelimaX!

    heum.. itu dia mba.. yang tingkat 1 tu.. selayaknya pemimpinnya kalee ya.. hihihi..yup, semoga segera ada.. aamiin..wah, dadi pengen nge-teh liat HSmu mba.. qeqeqe..ke-enaX

  4. jaraway said: heum.. itu dia mba.. yang tingkat 1 tu.. selayaknya pemimpinnya kalee ya.. hihihi..yup, semoga segera ada.. aamiin..wah, dadi pengen nge-teh liat HSmu mba.. qeqeqe..ke-enaX

  5. jaraway said: Seorang insinyur akan membuat sebuah menara yang ujungnya akan dipasangi kubah. Menara tersusun atas beberapa tingkat. Nah minggu pertama tingkat 1 sudah jadi, kemudian dilanjutkan tingkat 2 pada minggu kedua.

    harusnya yg bikin wali songo aja…semalem jadi..dan bertahan ratusan tahun…*rusuhdimulai…

  6. penasulung said: si fitrah lagi mengingati masa-masa muda nya dulu di tahun 60an ya mb jar.. itu uang lamo keluar pulak :))

    maklum.. dia angkatan pujangga baru.. model uangnya masih gtu… =))

  7. brotherihda said: Kaya cinta juga, tingkat satu itu kepercayaan, tingkat dua perwujudan kesetiaan, kubahnya, kebersamaan dalam suka duka,*ngawur mode ON,hehe..

    beuh.. ga mudheng fajar nek cinta2an.. wekekekeke…si cinta lagi ga akur ama fajar.. =)))manut wae lah.. iyo ae.. hehehehe

  8. yosimutiarni said: oh masih inget bab2 insinyur toh mb…tak kirain dah lupa…hahaha

    ngueceeee…… haghaghag….dirimu jik kelingan ra.. gek2 wis kebak geography.. ihihihi

  9. jaraway said: ngueceeee…… haghaghag….dirimu jik kelingan ra.. gek2 wis kebak geography.. ihihihi

    masih dong mb…jelas! apapun yg terjadi ak tidak akan melupakan aroma itu…*lbh sayang sama aroma itu daripada geografinyah…cukup dinikmati saja geonya, ga usah jadi rasa yg selalu mjd bumbu utk setiap langkah…hahaha

  10. yosimutiarni said: masih dong mb…jelas! apapun yg terjadi ak tidak akan melupakan aroma itu…*lbh sayang sama aroma itu daripada geografinyah…cukup dinikmati saja geonya, ga usah jadi rasa yg selalu mjd bumbu utk setiap langkah…hahaha

    aku yo ijik yo..secara otakq luwih nyambung ning ongko daripada ning tulisan.. wkwkwkwknek weruh trafo jik tetep histerih -halah-teknik selalu di hati..qiqiqi

  11. jaraway said: aku yo ijik yo..secara otakq luwih nyambung ning ongko daripada ning tulisan.. wkwkwkwknek weruh trafo jik tetep histerih -halah-teknik selalu di hati..qiqiqi

    lebay mode on…

  12. yosimutiarni said: ming trafo we ndadekke histeris…*ayo sini mb…katanya mau bantu bersih2…hahaha…

    eh.. yo..nggonmu jik ana awu okeh ra?aku njaluk sak wadhah aqua 1,5 liter.. suk esuk gasik takjupuk entuk?

  13. jaraway said: eh.. yo..nggonmu jik ana awu okeh ra?aku njaluk sak wadhah aqua 1,5 liter.. suk esuk gasik takjupuk entuk?

    ha? arep go ngopo mb?…waduh anane mung gesik je mb..turno aku sesuk mangkat gasik ana kuliah lapangan…

  14. yosimutiarni said: ha? arep go ngopo mb?…waduh anane mung gesik je mb..turno aku sesuk mangkat gasik ana kuliah lapangan…

    kancaq ana sing njaluk.. rapopo.. tapi nek iso sing rada lembut lah..hihi..aku yo gasik meh krph.. shubuh mangkat..insyaAllaah

  15. yosimutiarni said: ha? arep go ngopo mb?…waduh anane mung gesik je mb..turno aku sesuk mangkat gasik ana kuliah lapangan…

    nek awu kiy jane ana, mung yo kuwi mb campur2 karo gesik tur jih nang dhuwur gendheng,,,

  16. yosimutiarni said: nek awu kiy jane ana, mung yo kuwi mb campur2 karo gesik tur jih nang dhuwur gendheng,,,

    gelem njupukke ra yoo.. hihi..n_nvrep nggo pelatihan.. wadhai kresek ae.. nek ga ngrepoti sie..

  17. yosimutiarni said: sesuk tak wenehke nang mardiyah po arep kok jupuk mb?ak mangkat seko ngomah maksimal jam 6*ning ora garing2 banget loh mb?

    dirimu gelem nang mardliyah?

  18. yosimutiarni said: yo tak ampirke…*tak titipke sopo yo (nek brian py?)…ak mangkat KKL’e jam 7 sakdurunge arep siap2 dhisik…hahaha

    mm, dekekke t4 mukena ae.. ga bakalan ono sing njupuk ketoke.. hehehe..daripada titipke uwong ribet..

  19. yosimutiarni said: mb, wes tak wadahke…sesuk esuk jo lali sms…*ngerti dhewe nek ak wonge lalen…

    wahhh.. nuwun biyangett yo.. hihihi..okok.. insyaAllaah.. siiiiiiaaaaaaapppppp.. =)

  20. jaraway said: hadap kanan kiri pulang balik majuuu jalannn.. hehehe..ah, bang Hend ke mana aj tadi… fitrah sebenere nyari temen tuh..

    iya, telat … tadi rusuh di kantor … he he he …

  21. nurfirman40 said: Benar benar zaman di mana manusia berbangga dgn bagunan tinggi dan indah benar sabda nabi rasul allah swt.Aku bukan kata teman ya cuma teringat sabda baginda aja…eeemmmm

    esensinya tulisan itu bukan di situ..ini bukan ttg bangunan secara fisik.. tapi sebuah pengibaratan ttg ukhuwah islamiyah, ISLAM, IMAN, dsb..he….

  22. Ya teman aku faham sekarang…….juga aku cuma teringat sabda nabi tentang akan datang manusia berlomba lomba dan bermegah tentang bagunan hasil mereka.Pada aku bersolat di pondok yg usang juga gak apa apa yg penting solat dan niat nya…Yes

  23. nurfirman40 said: Ya teman aku faham sekarang…….juga aku cuma teringat sabda nabi tentang akan datang manusia berlomba lomba dan bermegah tentang bagunan hasil mereka.Pada aku bersolat di pondok yg usang juga gak apa apa yg penting solat dan niat nya…Yes

    tentu..sungguh secara pribadi seorang fajar juga lebih mencintai masjid tua di samping rumah sakit, daripada masjid megah menjulang di pusat kota..syukran remindernya =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s