Semangat vs Ngoyo

Ngoyo kalo di-bahasa Indonesia-in apa ya?!
Mm, mungin hampir sama dengan ambisius.. tapi agak beda si.. inilah susahnya nranslate bahasa Jawa ke Indonesia.. hehe, maaf teman-teman yang bukan jawa, bisa dibilang mirip dengan ambisius lah.
[tambahan dari Romi, ngoyo = ngotot, keukeuh]

Kenapa versus semangat?!

Ini habis ngobrol-ngobrol ma saudari-saudariku, dan salah satunya ngebahas ini lah..

Kita itu musti semangat, tapi ga ngoyo

Lalu apa bedanya?!

Kalau ngoyo itu, kita punya keinginan.. dengan cara apapun kita harus mendapat apa yang kita harapkan itu.. entah bagaimana caranya, bisa jadi kita memaksakan orang lain untuk mengikuti apa kehendak kita, memaksakan diri kita untuk mengejar target itu sampai benar-benar terengah-engah, dsb.. bahkan lebih berbahaya lagi bisa dengan menghalalkan segala cara…
Kemudian ketika target yang ingin dicapai tidak terwujud, kita benar-benar kecewa.. sakit hati, resikonya bisa masuk Kramat.. hahaha (Rumah Sakit Jiwa di Magelang :red)

Lalu bagaimana dengan semangat?
Mm, kalau semangat itu.. kita punya target yang ingin dicapai, kita upayakan dengan usaha seoptimal mungkin, kita cintai dan nikmati beramal dalam mencapai target itu.. nikmati prosesnya.. apapun hasilnya.. enjoy aja..
Titik tekan utamanya adalah pada proses..

Dan semangat itu harus terus kita perbaharui setiap harinya, layaknya fajar pagi yang terbit tiap paginya.. cihuy.. hehehe
fajar gtu.. -halah-

jadi, kita mau pilih mana? semangat ato ngoyo?
silakan.. hidup itu pilihan.. hak Anda menentukan pilihan yang akan dipertanggungjawabkan “esok”.

Yang pasti.. Allaah menilai setiap proses yang kita jalankan, bukan hasil yang kita capai.. meskipun ada yang beranggapan, “hasil itu memperlihatkan proses”, tapi belum tentu juga.. hasil itu bisa menggambarkan proses yang telah ditempuh.

Ah, betapa menyenangkan bertemu kalian lagi, saudari-saudariku yang selalu menyemangatiku..

#cuma pengen ngakak pas dibilang, ternyata mba Fajar ga berubah.. [tetep ribut, heboh gtu.. wkwkwkwk.. ga ada aku ga rame.. =))) ]
#smoga masih tetep bisa ngerecokin kalian.. qeqeqe

64 thoughts on “Semangat vs Ngoyo

  1. kereyoben said: semangat-semangat…. ora usah ngoyo, mundak kuciwo

    yup.. smangaaaaDDD.. iyo bener Khoirul.. leres njenengan..ndak kuciwo trus mlebu pakem.. eh, wis tutup rung yo?

  2. hwwibntato said: saya jadi ikut semangat … tapi enggak mau ngoyo, ah … he he he …

    yoi.. smangaaaaaDDD.. chaiyyoo.. bukan cahyo lho.wkwkwkwseephlah..murid yang baik.. *lhoh=))*peace ah

  3. hwwibntato said: kalau di sini Riau sebelas … qeqeqe … maksudnya RSJ di jalan Riau nomor 11 …

    owh.. gtu yah,, keknya tetep keren-an Kramat, bang.. apalagi kesebelasannya, secara striker ma kipernya si kembar Fajar..wkwkkw#dudulgailang2

  4. jaraway said: Kalau ngoyo itu, kita punya keinginan.. dengan cara apapun kita harus mendapat apa yang kita harapkan itu.. entah bagaimana caranya, bisa jadi kita memaksakan orang lain untuk mengikuti apa kehendak kita, memaksakan diri kita untuk mengejar target itu sampai benar-benar terengah-engah, dsb.. bahkan lebih berbahaya lagi bisa dengan menghalalkan segala cara…

    aku kurang sependapat dengan ini, jar…mmmhh…versi bahasaku sih…ngoyo itu mengusahakan sesuatu dengan lebih. Tak seperti biasanya. Ada kebuh di sana. Ada ketakbiasaan. Jadi bila narik becak, biasanya pulang maghrib sekarang pulang isya; : ngoyo untuk biaya anaknya….dalam main sepak bola, kita sering kali memakai kata ngoyo untuk tipe2 pemain yang terlihat berlari ke sana kemari mengejar bola..tak ada matinyaJadi tak melulu ngoyo itu menghalalkan segala cara, atau memaksakan kehendak..itu masih tergantung

  5. mylathief said: aku kurang sependapat dengan ini, jar…mmmhh…versi bahasaku sih…ngoyo itu mengusahakan sesuatu dengan lebih. Tak seperti biasanya. Ada kebuh di sana. Ada ketakbiasaan. Jadi bila narik becak, biasanya pulang maghrib sekarang pulang isya; : ngoyo untuk biaya anaknya….dalam main sepak bola, kita sering kali memakai kata ngoyo untuk tipe2 pemain yang terlihat berlari ke sana kemari mengejar bola..tak ada matinyaJadi tak melulu ngoyo itu menghalalkan segala cara, atau memaksakan kehendak..itu masih tergantung

    nah, iku makanya tak bilang di bagian akhir.. bahkan bisa lebih berbahaya lagimemang ga selamanya ngoyo itu dengan cara yang tidak benartapi menurutku ngoyo itu sesuatu yang terlalu berlebihan dalam mengejar suatu keinginan. Dan bagaimanapun sesuatu yang berlebihan tetap tidak baik.ngotot.. ikulah maksudqhehehe..makanya qpilih semangat.. tetep dengan upaya kuat kita.. dengan mencintai apa yang kita kerjakan.. nikmati prosesinti tulisan ini si, dalam hal melihat keutamaan proses daripada hasil..hehehetergantung emang si.. qeqeqe

  6. ucixholic said: kramat masih ebrsambung wkwkkwkwkkwkwk*opo hubungane karo buntut cecak -______________________-“

    jiaaaahh.. sebelahe kramat cen daerah-e jenenge Sambung.. wkwkwklha munine ngibaske ekor =p

  7. najmaz said: gubraakkkk…jederrr…ternyata selama ini?oh nooo…..

    wis rasa terkesima ngunu..sante.. sesi tanda tangan mengko ana koq.. =))selama ini kau bermalam dengaaaaaaannnnnnn…… striker.. =)))

  8. najmaz said: wahh…ga bertanggung jawab ki…..hemm mentang2,,,tak golekne ae ah….:P

    lha.. aku sing njawab dhe’e sing nanggung ya..=))))mentang2 opo.?! qt wis putus? hahahahahuuuuuu.. jajal ae.. =pwkwkwkw

  9. najmaz said: waaa…ngece tenan ki…meragukanku dalam hal begituan..okelah…siap2 ae yo,,nek tiba2 muncul…:p

    wahahaha….. =)))yo ben to.. jelasss meragukanmu.. wkwkwkwyo kari dimanggakke.. *lhoh?!opo to iki?!?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s