-sebuah pengakuan- tentang bola, cinta negriku dan khan yunis

Akupun suka bola.

Aku bahkan suka main bola.

Permainan Timnas luar biasa di final kemarin.

Tak seperti piala dunia yang biasanya pertandingan finalnya kadang kalah seru dengan semifinal. Tapi pertandingan tadi malam sungguh, benar-benar puncak dari AFF yang sesungguhnya. Pertandingan terbaik selama AFF -menurut aku-. Dan sesuai lah dengan judulnya “final”.

Lalu, apa yang dimaksud dengan..

-Sebuah Pengakuan-

Aku mau minta maaf, karena sengaja buat postingan yang bikin semua terperangah.. he? Agresi Militer hari ketiga?

Koq bisa??

Tapi review itu asli dari sumber infopalestina.com tanggal 28 & 29 Desember 2010.

Sama sekali ga ada yang takedit. baru diposting kemarin dan hari sebelumnya. lihat tanggal merah itu. Atau silakan meluncur ke sumbernya. Hanya memang, itu tentang kupas tuntas Agresi Militer pada tahun 2008 lalu. Saat orang lain sedang asyik dengan momen tahun baru hijriyahnya.

Kenapa aku sengaja posting review itu?

Judulnya aku buat salah dengan 2010, sengaja ngetes ketelitian temen2 *pletaaakkk.. [ampun dah.. n_nv]

Suraki fajar… huuuuuuuuu *peace ah..

Yup, maksudku seperti replynya Anaz :

“tapi bagaimanapun jua satu hal yang membuat ironi saya

betapa media begitu mudah menggiring kita…

kurangnya informasi membuat kita gak tahu apa-apa dan jadi gak peduli…

banyak peristiwa yang sangat membuat hati pilu, tapi kita malah cenderung untuk bersenang-senang…

melupakan waktu untuk bermuhasabah”

Peristiwa yang SESUNGGUHNYA terjadi beberapa hari ini di Palestina memang “tak sebesar” Agresi sewaktu 2008 itu.

Saat kita mungkin mabuk dengan euforia kepahlawanan dalam permainan bola, di sana Pasukan Israel Serbu Penjara Ofer, Puluhan Tahanan Palestina Terluka.

Pasukan penjajah Zionis Israel “Nachshon”, Rabu (29/12) petang, menyerbu penjara militer Ofer dan melepaskan tembakan gas air ke arah para tahanan hingga mengakibatkan puluhan dari mereka terluka.

dan sebelumnya

Gaza – Infopalestina: Sumber medis Palestina, Selasa (28/12) mengumumkan, seorang warga Gaza, Hasan Abu Rauk (22 tahun) meninggal syahid akibat tembakan mariam dan gas air mata kea rah warga di Khanyunis. Sementara itu, empat orang lainya dilaporkan mengalami sesak napas akibat tembakan gas air mata.

Adham Abu Salmiyah, jubir emergency Palestina dalam pernyataan persnya kemarin mengatakan, Hasan Abu Rauk meninggal syahid dengan luka di wajah dan kedua kakinya akibat tembakan brutal serdadu Zionis serta rudal mariam ke arah warga. Sementara yang terluka dan sesak napas sudah dievakuasi ke rumah sakit.

Dengan meninggalnya Abu Rauk, maka jumlah syuhada yang meninggal dalam tiga hari ini bertambah menjadi tiga orang, menyusul syahidnya dua mujahid Al-Quds dalam bentrokan senjata dengan serdadu Zionis, Ahad (26/12). (asy)

Berita tentang itu juga ada di jurnalku Tanah Airku… Aku Padamu….

Sebuah renungan terutama untuk diriku sendiri.

Apakah harus menunggu sesuatu yang “besar”, banyak korban baru kita akan tergerak mengingatnya?! Haruskah agresi itu terulang atau tragedi Mavi marmara terjadi lagi atau.. kalo bahasa provokativ proaktiv temenku halah– “atau musti nunggu Al-Aqsho hancur baru kita tergerak memperjuangkannya?

Memang, tak hanya Palestina.. bukan berarti pula aku melebihkan Palestina dari wilayah-wilayah muslim yang lain yang tertindas. Tapi jika Palestina saja kita lupa, padahal Al-Aqsha ada di sana, bagaimana dengan Kashmir, Xinjiang, Pattani, Moro, Afganistan, Iraq, dsb. Mana kita tau kabar SESUNGGUHNYA dari saudara kita di sana.

INI NASIONALISMEKU.

Aku cinta Indonesia…. aku sangat bangga ketika Timnas menunjukkan jati dirinya di bawah asuhan Riedl, yang membuktikan memang PSSI dan terutama Nurdin Halid sangat bobrok-sebobrok2nya. Dan momen ini bisa jadi kebangkitan persepakbolaan neger kita. Sangat geram aku, ketika kemarin bola jadi dipolitisasi, ada sarapan bareng yang ternyata ganggu jadwal latihan fisik, ada istighosah yang ternyata juga itu di belakang hal-hal ga penting itu terjadi cek-cok antara manager timnas dan pelatih.

Aku pun marah. Yang aku pahami dalam setiap tim olahraga, karantina dan disiplin jadwal latihan itu hal yang sangat penting dalam momen-momen pertandingan apapun. Tapi justru banyak yang sok cari muka. Entah apa yang dirasakan Riedl dan apa yang ada di benaknya terhadap orang-orang itu. Entah seberapa marahnya dia diintervensi sana-sini. aku saja geram, apalagi pak pelatih.

Aku cinta Indonesia…. Aku ingin berbuat yang terbaik bagi negriku Indonesia. Dengan apa yang aku punya. Tapi bagi aku, tanah airku adalah dimana ada saudara Muslimku di situ.. di manapun..

Aku suka bola, tapi tak gila bola. aku menikmati melihat permainan bola, bukan melihat tampang pemain bola.

Tapi bukan alasan untuk melenakanku..

Palestin di dadaku..

Al-Aqsho, kebanggaanku..

Kuyakin, ISLAM pasti menang

Di sana ada saudara Muslim kita yang terbunuh oleh zionis laknatullaah.

-hanya sekedar reminder diantara badai bola di negeri kita tercinta-

#disela-sela air mata yang belum kering…. Maafkan aku telah membuat kalian kaget dengan postingan itu…


CATATAN : yang warna merah itu link, yang warna biru itu kutipan berita, yang warna ijo.. pengen aja warnanya ijo.. hehe..

167 thoughts on “-sebuah pengakuan- tentang bola, cinta negriku dan khan yunis

  1. topenkkeren said: aku cinta negaraku, tapi aku lebih cinta agamaku (daud bareueh)quote kui satu di antara quote sing aku seneng, Mas. ^^8

    yup.. tapi luwih abot menjalankannya ben ga sekedar kata2

  2. jejak2mimpi said: tp kenapa media ga membahasnya yah??apa aye aja yg ga ngamatin media :p

    kalo media dan energi bangsa ini, hampir semua tersedot ke bolasebenere banyak media yang ngeberitain.. tapi kitanyanya yang terlena -mungkin- =)

  3. wah bawa2 saya ni…hmm merenung dalam-dalam buat tulisan yang sangat amat berbobot kayak tulisan ini…sesuatu yang berlebihan dalam mengekspresikannya itu tidak baik…ekspresi cinta dan duka pun perlu ditata

  4. nanazh said: wah bawa2 saya ni…hmm merenung dalam-dalam buat tulisan yang sangat amat berbobot kayak tulisan ini…sesuatu yang berlebihan dalam mengekspresikannya itu tidak baik…ekspresi cinta dan duka pun perlu ditata

    qeqeqe.. ben dho dolan ning omahmu Naz.. ben tambah fans-e.. wkwkwkah, lebay.. bobotq ga nyampe seket kilo.. =)))yup..*sedang belajar untuk menata

  5. zoybest said: Perlu hati2 dalam mengambil tindakanBi jar, dah aku ngalah ajah

    tindakan opo contone?iki termasuk aku ga ati-ati ngambil tindakan ya? *tekon tenan welah.. koq dadi Bi.. aku du putune pak Habibi.. koq ngalah..lha kepiye je..=p

  6. nanazh said: yowis… ternuwun sik ah karo mb fajar…hehehe smoga ngefek positif nimari belajar menata hati dan pikiran

    aku sing tur nuwun wis takcopmot kata2mu.. heheyoo…. aamiin.. nggo aku jugamariii..

  7. jaraway said: ana sing rep dikoreksi fat?

    ra ana.cuma pengen nambahi sithik wae,beberapa hari ke depan, israel akan terus membombardir, mulai mengikis gaza street, karo nggerongi westbank.kesimpulane, aku suka riedl.

  8. biangla2hati said: engg….. blom konek. maksudnya berita yang ditulis mbak jar di Qn soal agresi militer itu, terjadi di taun 2008 dan sengaja di tulis taun 2010 cuman buat ngetes aja ya

    berita di review Ra.. coba teliti.. itu kan tentang agresi militer 2008. tapi aku bikin judul 2010.cuma seperti tambahannya vatih itu,”beberapa hari ke depan, israel akan terus membombardir, mulai mengikis gaza street, dan mengeruk westbank.”buat ngetes, ternyata kita memang tak banyak tau tentang palestina.. tapi saat ini kondisinya sangat kritis.

  9. laptopmini said: ra ana.cuma pengen nambahi sithik wae,beberapa hari ke depan, israel akan terus membombardir, mulai mengikis gaza street, karo nggerongi westbank.kesimpulane, aku suka riedl.

    begitulah.. seolah-olah perayaan tahun baru bagi mereka tak akan lengkap jika belum membombardir Palestina.. wiiii.. kesimpulan mu keren deh Fat.. aku sukaaaa banget ro opa-ne timnas.. hahahah

  10. zoybest said: Wah aku keliatan diselubungi mrekayangan brrti nih,,oke aku nurut dech tp u harus nemenin

    lha aneh2 bi, bi -an.. wkwkwkwngko ono sing cemburu Dja.. hahahahah..

  11. biangla2hati said: hahaha…. asli keki ana, esmosi*lgsensi

    _edited_lagi sensi toh.. ckckck..tapi memang kondisi di sana lagi kritisdan berita di review itu memang kemaring postingnya di infopalestina.combagiq, sati nyawa syuhada palestina direnggut itu hal besar Ra..

  12. biangla2hati said: soalnya ane dah kadung percaya ama kredibilitas mbak jar, so apapun yang mbak jar tulis gak pernah ane periksa lg. tapi sekarang mah, yaaa berarti, ana mesti hati hati sama siapapun :)

    wah.. bahaya tu, Ra..jangan mudah percaya pada siapapun..=)nanti akan mudah kecewa ketika yang bersangkutan tak seperti yang kita kira.. ‘afwan ya.. =)

  13. tranparamole said: btw, aff apaan sih kepanjangannya?Dari maren ngait2in sm asia tenggara gk dpt2.*Lg males googling*lg males komen normal X D

    Asean Federation Football.. keliatan koq.. emang kapan ga males? =p

  14. nuqiechan21 said: hu um, yg penting baik dan halal :Diyah…cuma bisa buka yahoo doang..maap sodara-sodara ats ksalahan ini

    betull.. halah dan thoyyib.. =)hoo.. aneh..padahal ni bisa buka punya orang lain.. kesian.. hehehehdimaapin..

  15. cinderellazty said: iya nih berita lainnya jadi kabur bahkan ngilang.. salah duanya palestine dan bromo… hikshiks

    iya ni Nty.. terkaburkan.. badai bola.. sampai lumpur di Bromo pun redup beritanya…

  16. myyhere said: Mbak fajar,aku suka caramu mengalihkan duniaa,Muuuach,hehe

    aih, Emy.. haesmu mengalihkan duniaku jadi pengen stroberi#opotojar.. hahahahahii gilapen di muah2i.. wkwkwk =p

  17. jaraway said: aih, Emy.. haesmu mengalihkan duniaku jadi pengen stroberi#opotojar.. hahahahahii gilapen di muah2i.. wkwkwk =p

    ahahah,,,siniiii,, akupunya stroberi bwanyakkk

  18. isaanshori said: Be smarter than the Israel in every way. That’s the only way to tackle them… Indonesia di dalam dadaku. Mengalir ke seluruh darahku :)

    wew, ngomongin tackle2an jadi inget maren pertandingan sapa si tacklenya yang keren punya, koq aku lupa ya.. heheheyup.. be smarter & be stonger.. =)wii.. subhanallaah.. cinta Indonesia..

  19. vitacharm39 said: Postingannya serius…Kmen2ny lucu. HeheSuaminyapunyaakun.

    wihihihi.. anda memasuki kawasan geje.. qeqeqesalam kenalmaksudnya suamipunyaakun apa ya? *ga ngerti.. hehe

  20. jaraway said: wew, ngomongin tackle2an jadi inget maren pertandingan sapa si tacklenya yang keren punya, koq aku lupa ya.. heheheyup.. be smarter & be stonger.. =)wii.. subhanallaah.. cinta Indonesia..

    hanya satu negara yang aku cintai.. dia adalah Indonesia :)

  21. tranparamole said: napa pening?*naif= pwell, kepak lemah sayap garuda tak akan pernah mengalahkan kibar bendera tauhid, di dada..

    beeeraaaattttt…salah, karena mengawali dengan bikin panik orang…. *semoga Allaah mengampuniku, tapi sungguh ga bermaksud gimana2..insyaAllaah, semoga bisa menerapkan dalam perbuatan… *menghela napas

  22. tranparamole said: aku gak panik baca postmu lhon_naku udah nebak kamu bakal posting = D

    lah iya, Romi.. yang lain bisa jadi ga gtu..hemm….. ketebak deh..ga seru nih*bletakk

  23. tranparamole said: horeeada juga banyak yang gak suka bolahidup bulutangkis!X D

    aku juga suka bulutangkis kaleeesuka basket pulaini kenapa pake tanda seru, ngajak berantem nihlah, ya emang banyak yang ga suka bola.aku juga ga suka warna pink ama ungu, ga masalah kan..hahaha

  24. nanazh said: masya Alloh.. mpe segini banyaknya obrolannya ckckckckckhebat bener mb yang satu ini

    aku cen keren koq Naz.. =p*pletaaakk.. njaluk duncali pecel lele.. lhoh

  25. ardian9 said: obrolan sebegitu banyaknya,, setengahnya dia kok..hehelama g ngoment sampean mbak…

    sik2, iki sopo?ardian munawar ra nganggo oh? weh… nggawe mp gur nggo komen nggonq gek2 ki… huaaaaa..isin aku dikomeni awakmu… ckckck..

  26. nanazh said: makanya saya bilang hebat bener kepada mb fajar…comment terus nggak pake henti hehehe

    ngece iki jebul.. wkwkwkwkbtw, ‘afwan yo naz.. bar jam 9 aku ga reply komen ikhwan, so.. esuk-e lagi bales.. qeqeqe.. tapi nek rep do komen bebas koq..iki gur aku ae

  27. estehmanisforthesoul said: Ya. Kemaren dah diingetin Mer-C, di Republika 27 Desember. ~Kita emang kayak bola, gampang dioper ke sana ke sini.

    oiya.. malah lum baca Republika.. makasi buat infonya *jadi pengen beli republika..heheheiya.. tapi aku mupeng es tehnya *lho..hehehe

  28. estehmanisforthesoul said: [Mau diminum di sini apa diplastik? Haha.] Republika sekarang lumayan bagus isinya.Tinggal kurang tebel aja dibanding Kompas.

    dua gelas minum sini tiga gelas plastik ya..hahahahhooh ya.. kompas penyumbang dananya gedhe.. dijual gratis aja tetep untung

Leave a Reply

