sejernih fajar

aku ingin engkau menikmati fajar tanpa mendung
menikmati lukisan kebenaran tanpa tabir
daripada berkeruh dalam jama’ah lebih baik jernih sendirian
[dari seorang sahabat]



..bukan di persimpangan kanan jalan.
Aku sudah memilih dan tak perlu kau tau apa dasar pilihanku.
Bagimu mungkin mudah kemudian meninggalkan sang mobil rusak mencari pengganti mobil lain.
Namun aku, aku bertekad memperbaiki mobil itu..
Meski terlihat mustahil, tapi itu keinginanku kuatku.
Aku adalah aku, bukan kau, dia, atau mereka..
Aku tak memintamu memahamiku.
Ingin menghujat dan menghina.. itu hakmu..
Setiap pilihan akan dipertanggungjawabkan.
Aku tak peduli dengan kumpulan besar.
Aku hanya ingin berbuat yang terbaik atas pilihanku.

-bagiku ini bukan pilihan mainmain-

fajar itu fajar… yang terus berusaha untuk menjernihkan diri dan bangunan ini, meski harus berselimut kabut atau mendung pekat.
Advertisements

87 thoughts on “sejernih fajar

  1. hwwibntato said: sekali posting langsung tiga jurnal yang sama … he he he …*sepertinya dendam terhadap mp dan verivikasi …

    iya bang Hend.. *hunus pedang ke mp.. hahhahahadah takhapus koq.. wkwkwkwk

  2. mylathief said: semoga bukan karena yg ‘dari sahabat;’ itu mengandung kata fajar yg membuat fajar nulis jurnal ini

    wkwkwkwk… itu tulisane dhe’e nggo akukhusus buat fajarjudulnya juga dari dia

  3. zukruf85 said: apik2 wae..lagi semedi tuk merengkuh kejernihan dari 1 episode hidup kie…

    alhamdulillaah.. wah.. semedi.. ati2 mba.. ditekani *opo to yo jar..jar..cie.. smoga dimudahkan purifikasi episode kehidupan-e

  4. ucixholic said: iya, qt semua boleh memilih apa yang sejalan dg yg qt yakini.komunitas, prinsip, keyakinan.itu semua pilihan.

    yup, semua itu pilihan.. dan kita harus punya keyakinan kuat atas apa yang kita pilih..karena setiap pilihan akan dimintai petanggungjawaban.. bahkan tak memilih pun pilihan

  5. jaraway said: alhamdulillaah.. wah.. semedi.. ati2 mba.. ditekani *opo to yo jar..jar..cie.. smoga dimudahkan purifikasi episode kehidupan-e

    sing jelas ora ditekani fajar..jin yo wes apal..wkwkwkw

  6. jaraway said: ahahahah….. ngko klepek2 nek ditekani fajar mba.. ra tanggung jawab aku..hahahah

    lha ngopo??opo dirimu nggak mandi selama 1 20thun sehingga aku smpi klepek2 ketika engkau mendekat..hehhe

  7. zukruf85 said: lha ngopo??opo dirimu nggak mandi selama 1 20thun sehingga aku smpi klepek2 ketika engkau mendekat..hehhe

    ga separah iku mba.. separone lah..hahahhayo siap2 pengharum ruangan lah.. wkkwkwk

  8. ucixholic said: iya, dan tidak ada yang boleh memaksa.kita adalah milik kita.

    betul.. pilihlah dengan penuh kesadaran.. bukan paksaanyuhuu.. aku padamu lah mas Fajar..hahahah

  9. jaraway said: wekekeke…. hehebegitulah.. =)ya jawabanq di bawahnya Te..

    Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu pernah mengatakanbahwa, kekeruhan jama’ah jauh lebih baik daripadakejernihan individu…iya gak sih?*minta validasi

  10. jaraway said: wis wisuda rung ki?ayooo posting jurnal… suwi banget ga maca jurnal-e nensa

    ngenteni wisuda jar…aku wisuda tanggal 19 februari…bingung maw posting apa neh hahaha…ada ide kah??

  11. nanazh said: di pertigaan jalan aja deh mb…atau perempatan?banyak sepertinya

    sirothol mustaqim ae lah Naz.. piye?hihihiah, ga suka simpangan.. munine kancaq.. iku marai ketabrak qeqe

  12. alvast said: ngenteni wisuda jar…aku wisuda tanggal 19 februari…bingung maw posting apa neh hahaha…ada ide kah??

    oo.. alhamdulillaah.. =)yo iku tentang kisah2 stasemu & piye cerita kebun kopi sekarang? apakah semakin dekat untuk diraih..opo.. kisah pas Ramadhan & qurban ning Bali.. pasti uniq.. hehe

  13. utewae said: Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu pernah mengatakanbahwa, kekeruhan jama’ah jauh lebih baik daripadakejernihan individu…iya gak sih?*minta validasi

    sik.. aku lali redaksi kata2ne.. ngko tak golekke sik..*asli lali.. dudulz..

  14. nanazh said: aamiin…semakin bijak aja ni, mb…find d way, it isn’t easy…

    bijak sini opo bijak sana.. opo bijak bijik.. bejujak..hahahhhaabetuuuuuulll.. not easy..

  15. utewae said: Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu pernah mengatakanbahwa, kekeruhan jama’ah jauh lebih baik daripadakejernihan individu…iya gak sih?*minta validasi

    Q juga pernah denger..together in the dark..is better than alone in the light..^_^

  16. tarkhiena said: Q juga pernah denger..together in the dark..is better than alone in the light..^_^

    tapi yang terbaik.. bersama menyalakan terang Ruy..hehehegelap2an juga ga baik..qeqeqe

  17. tarkhiena said: jadi..fajar lagi dimana nih..jernihjernihan di jamaah kan..hehe..:D

    bersama2 menjernihkan jama’ah.. semoga.. heheheaamiin..=)sama Ruy juga kan? *kedip2

  18. jaraway said: bersama2 menjernihkan jama’ah.. semoga.. heheheaamiin..=)sama Ruy juga kan? *kedip2

    sambil menjamaahkan kejernihan..semoga..*senyum salting..dikedipin fajar.. :D^_^v

  19. tarkhiena said: sambil menjamaahkan kejernihan..semoga..*senyum salting..dikedipin fajar.. :D^_^v

    wii suka kata2 ini.. mejama’ahkan kejernihan.. seephlah..aamiin.. ahahahaha.. ga usah grogi mpe terbang gtu dunkz.. ati2 jilbabnya ga muat..hahaha=p

  20. telat moco aku mbak.. T_Tpernah dikasih ‘nasehat’ yang serupadan waktu itu beliau lumayan keras mendesakkuapalah daya, aku terlanjur jatuh cintaberjama’ah membangun ukhuwahbersama,menggapai ridho-Nya..meraih jannah-Nya..*suit suit

  21. ukhtikecil88 said: telat moco aku mbak.. T_Tpernah dikasih ‘nasehat’ yang serupadan waktu itu beliau lumayan keras mendesakkuapalah daya, aku terlanjur jatuh cintaberjama’ah membangun ukhuwahbersama,menggapai ridho-Nya..meraih jannah-Nya..*suit suit

    mungkin sahabatku ini akan cukup keras mendesakku juga.. hehehetapi.. fajar itu fajar.. dengan pilihannya.. =)aamiin semoga istiqomah untuk menggapai ridho-Nyameraih jannahNya..*cicicuit.. prikitiuw.. uhuk.. hehehe

  22. utewae said: Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu pernah mengatakanbahwa, kekeruhan jama’ah jauh lebih baik daripadakejernihan individu…iya gak sih?*minta validasi

    nemu Te.. akhirnya.. hehehebukuku ketlingsut je.. *lagi nemu ‘Ali bin Abi Thalib berkata: “Keruhnya kondisi jamaah masih lebih baik daripada bersih diri namun sendirian”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s