Sihir Multiply; “Secuil Kisah Cute Evil”

(Sihir Multiply; “Secuil Kisah Cute Evil” ——-> jangan dibaca “seupil kisah cut upil” yaaa … ngeriii

-_-“)

Beberapa jam setelah saya tutup akun saya di fesbuk:

“Kenapa, Cix?”

“Ko koe meh metu seko dunia perfesbukan napa e , Cix?”

“Meh nangdi tho, jeng? Jadi sedih, hiks …”

“Ada apa, Cix?”

“Hiks sedihnya … jadi gak bisa baca lagi tulisan-tulisan Ucix.”

“Oh … mau pensiun dari dunia maya ya? Mau kembali jadi suku Jawa???”

“Wah, nanti FB nggak rame dong dengan “status yang membingungkan” …”

“Anti kenapa? Kok menutup akun FB? Nanti banyak silaturahim yang terputus no …”

“Ya udah, selamat jalan aja …”

“Kalau memang itu keputusanmu, aku bisa apa? Walaupun tak rela …”

“Kenapa kok hengkang dari FB, dik?”

“Mbak Ucix kenapa kok mau menghapus akun?”

“WEGAAAHHHHHHHHHH ….!!!”

“Cix, kucari akunmu kok jadi nggak ada? Kamu hilang dari fesbukku???”

“Heh, ana apa jane? Ngko aku nek meh ngamuk-ngamuk nang di coba???”

“Ra rela …”

Dan belasan pertanyaan lain, yang intinya sama ; menanyakan keputusan saya untuk menutup akun fesbuk saya. Yeahhh! Semua pertanyaan itu muncul di akun FB saat saya pamitan (baik lewat chat, komentar di status ataupun di inbox FB), muncul di YM saat saya chating, muncul di inbox HP saya, dan muncul ketika saya face to face dengan beberapa dari mereka. Mungkin karena dulu saya terkenal “membuat huru-hara tiada akhir” di fesbuk hahahaha.

*catatan setahun yang lalu, saat saya memutuskan untuk menghapus akun FB secara permanent*

Dan kini, keputusan yang kembali saya lakukan untuk rumah saya yang lain. Multiply. Semalam lalu, saya putuskan untuk menghapus akun saya di Multiply. Memang tidak banyak yang bertanya kenapa, mungkin karena saya tidak pamit kepada kontak saya secara tertulis di Multiply jadi tidak banyak pula yang tahu. Meski saya juga bertanya pada diri sendiri tentang sopan atau tidaknya saya memakai bahasa secara tersirat untuk hal ini. Saya pun kurang yakin, apakah perlu saya menuliskan semua ini. Untuk siapa? Untuk alasan apa? Entahlah, saya hanya ingin MENULIS. Itu saja. Dibaca atau tidak, bukan masalah buat saya.

CANCEL ACCOUNT? Yes, I am …

Sebelumnya, saya ingin sedikit berkisah tentang dunia cute evil yang horror di Multiply yang baru sekitar satu tahun menjadi hunian baru di dunia maya. Dunia maya. Dunia yang benar-benar maya, yang banyak dengan kata “ternyata” dan itu menjadi sesuatu yang biasa. Pun jika banyak dzon bertebaran, maka saya berusaha untuk membuka mata dan telinga lebar-lebar. Bukan untuk percaya pada satu bisikan angin saja, tetapi juga bertanya pada ranting pepohonan dan air dari langit.

Satu-satunya alasan saya meminjam satu kavling tempat di Multiply adalah karena saya suka menulis. Love it. Saya tak pernah dan tak ingin mencari tahu apa alasan paling utama yang membuat saya begitu mencintai dunia tulis. Yang saya pahami bahwa saya hanya sebuah atom kecil diantara milyaran makhluk yang tumbuh di bumi yang memilih jalan menulis sebagai cara saya bicara, cara saya menyikapi sesuatu. Poem, artikel, curhat, cerpen, fiksi dan model-model sastra lainnya. Dulu mungkin saya cuma bisa menuangkannya (menulis, red) di diary (hihihi, putih abu-abu banget) atau file-file di komputer atau laptop kesayangan saja. Tapi setelah ada kemajuan teknologi yang kian hari kian pesat, saya merasa punya media baru untuk membuat hidup saya lebih berwarna. Internet, dunia maya, atau apapun istilahnya. Yah, saya bisa mengeksplore tulisan-tulisan saya (dalam bentuk dan gaya apapun, semau saya) di dunia yang meskipun orang-orang bilang sebagai “dunia maya”, dunia khayalan, dunia yang kadang penuh kebohongan, dunia penuh keajaiban, tapi bagi saya ini adalah dunia yang nyata-nyata sedang saya geluti, saya minati, dan (mungkin, kadang) saya inginkan. Saya bebas bermain-main dengan tulisan saya, imajinasi saya tentang sebuah tulisan yang ajaib dan memberikan banyak manfaat. Tetapi sayangnya, saya belum bisa mengukur dengan pasti sejauh apa manfaat yang sudah saya berikan lewat tulisan-tulisan saya (jangan-jangan malah kehororan saja hahaha).

Di dunia maya, saya menemukan banyak keajaiban. Saya menemukan kembali teman-teman saya yang sudah lama lost-contact seperti teman-teman SD atau SMP. Saya menjalin kembali silaturahim dengan teman-teman SMA saya. Semakin mempererat persahabatan dengan teman-teman di kampus. Menemukan teman-teman baru dengan keunikan masing-masing. Ada yang (sok) cool, ada yang suka ngeluh, ada yang suka update berita-berita di dunia, ada yang suka nggombal, ada yang cuek bebek, ada yang gokil bin usil, ada yang polos, dan banyak yang lainnya. Semua terangkum dalam banyak media. Yahoo, Google, Friendster, Facebook, Twitter, Flixster, Muxlim, Blogger, WordPress, dan media jejaring lainnya yang sporadis tumbuh di dunia maya. Termasuk Multiply. Dan kalau boleh diberi rating, diantara sekian banyak jejaring, Multiply adalah jejaring ter-wah yang pernah saya dapatkan. Wah fasilitasnya, wah user-usernya, wah semua yang ada di dalamnya. Multiply adalah jejaring paling menarik buat saya.

Maka di Multiply, saya pun menemukan banyak keajaiban.

Makhluk-makhluk usil bin tengil yang selalu bikin kangen setengah mati. Sosok-sosok bijak dan dewasa. Manusia-manusia yang selalu mampu mengapresiasi sekecil apapun yang muncul dari pribadi seseorang. Kisah-kisah inspiratif. Tawa. Canda. Hikmah, sekecil apapun dan dalam canda sekalipun. Geje. Ekspresi. Senyum-senyum ketulusan. Emosi. Kegalauan. Titik suram. Balas dendam. Dzon. Pengadilan. Sampah. Luapan cinta dan kebencian. Kisah-kisah skeptis. Dongeng. Pertengkaran kecil. Patah. Sindiran halus. Cita-cita. Idealisme. Rangkulan, bahkan pukulan. Penantian. Kehilangan. Egoisme. Kisah hujan yang berakhir dengan pelukan pelangi. Hujatan. Aneh. Horor. Kecemburuan. Pujian. Sakit hati. Kebimbangan. Romantisme. Kekecewaan. Komitmen. Janji. Kebenaran. Kematian. Anugerah terindah. Kasih sayang. Nyanyian bening. Kejujuran. Ketulusan. Ukhuwah. Doa. Kabar gembira. Bahkan curriculum vitae user-nya.

Semua kisah itu muncul membawa hikmah, sekecil apapun. Tidak ada yang sia-sia, meskipun itu hanya sebuah kata “hahaha”. Saya pikir, kembali lagi pada bagaimana kita mempertajam kesadaran kita akan hal-hal sepele. Dan saya, melihat banyak pelajaran berharga dari sebuah jejaring bernama Multiply. Suka dan duka, atau kolaborasi keduanya. Alhamdulillah.

Saat pertama kali membuat akun di sana saya hampir tak mengenal sama sekali sebelumnya, siapa kontak-kontak saya di Multiply. Semua terasa asing. Teman-teman saya di dunia nyata hampir dipastikan tak ada yang terdaftar di sini (mungkin karena Facebook lebih popular bagi mereka dibanding Multiply). Tapi seiring berjalannya waktu, semua mengalir lepas. Teman-teman dunia maya (Multiply, red) menjadi teman-teman dunia nyata juga, akhirnya. Beberapa diantaranya memang saya jumpai secara nyata, Alhamdulillah. Saya hanya percaya bahwa semua yang berawal dari sebuah ketulusan akan diapresiasi pula dengan sebuah ketulusan. Dan saya, sudah membuktikannya.

Saya meng-add atau meng-confirm sebua
h kontak (pengecualian untuk para online shop dan sejenisnya, maaf), semata hanya karena saya tahu bahwa kontak tersebut memang ingin menjalin communication and relationship dengan saya. Bukan karena hanya ingin memenuhi list kontak Multiply-nya. Meskipun ternyata, dari 125 kontak terakhir yang saya miliki (seharusnya lebih kalau tidak ada aksi remove-meremove heheheh), hanya separuh saja yang benar-benar secara aktif saling mengapresiasi tulisan (baik QN maupun Jurnal) dan berkomunikasi dua arah dengan baik. Selebihnya, hanya pemanis kontak (bahasa yang kejam). Entah, mungkin karena saya atau si pemilik kontak kurang paham dengan fungsi relationship di Multiply sehingga tidak ada komunikasi dua arah yang secara aktif terjalin. Kadang saya juga heran dan bertanya, “Untuk apa saya di-add kalau di-anggurin begitu saja? Sampai saya cancel account pun, tak ada sapa sekedar kata HAI. Aneh? (-_-)>”. Ah tapi saya berpikir, mungkin si pemilik kontak akan “mendapatkan sesuatu” dari tulisan-tulisan saya. Jadi, akan tetap saya biarkan dia berada dalam list kontak saya. Minimal sebagai pemanis hihihihihi. Mungkin, ini juga menjadi tantangan saya untuk bisa secara aktif menjalin komunikasi dengan orang lain, menghargai sekecil apapun yang tumbuh darinya.

Saya belajar banyak dari setiap pribadi yang ada di Multiply. Setiap dari mereka mempunyai keunikan masing-masing yang harus saya hargai, bukan harus saya rubah sesuai dengan keinginan saya. Biarlah yang geje tetap geje, yang serius tetap serius, yang bijak tetap bijak, yang pendiam tetap pendiam, yang manis tetap manis, yang baik tetap baik. Tetapi yang buruk atau jahat, tidak akan saya rubah seperti saya. Biarlah yang buruk dan jahat itu berubah menjadi baik seperti diri mereka sendiri, dengan cara mereka sendiri, dengan ukuran mereka sendiri, dengan keinginan mereka sendiri. Persahabatan bukan karena ingin merubah hidup seseorang menjadi seperti yang saya inginkan, tetapi karena saya ingin membiarkan mereka tumbuh dan bergerak dengan nyaman di samping saya. Persahabatan adalah bicara tentang ketulusan, bukan pemaksaan. Saya adalah saya. Anda adalah anda. Kita bertemu untuk “saling berbicara”, bukan untuk “saling meminta”. Itu prinsip saya.

Saya sama sekali tidak bermaksud memutus tali silaturahmi dengan semua teman-teman di sana (Multiply), dengan menghapus akun saya disana. Karena insya Alloh kita (saya dan teman-teman semua, red) masih memiliki kesempatan untuk bertemu di tempat yang lain, di sebuah tempat dan waktu yang lebih baik dari sekarang. Dan jikapun Alloh tidak mempertemukan kita di dunia, semoga Alloh memberikan kita kesempatan untuk menjadi tetangga di surga. Amin. Allohumma Amin. Sebuah cita dan doa yang tak putus saya amini.

Saya tahu, tidak semua orang mampu memahami keputusan yang saya buat. Termasuk keputusan saya meng-cancel account. Sungguh, tak ada maksud apapun. Bukan saya mencari sensasi, bukan saya ingin memutus silaturahmi, bukan karena ingin menghindar dari sesuatu atau seseorang, bukan karena Multiply adalah tempat yang tak cukup baik untuk dihuni dan bukan karena apapun. Bukan. Saya sedang tidak berputar-putar untuk mencari alasan. Tetapi saya menghapus akun saya di Multiply secara permanent adalah karena saya pribadi. Saya pribadi yang memang harus meninggalkan Multiply, entah dalam waktu berapa lama saya belum tahu. Tiga bulan kedepan? Tiga tahun kedepan? Atau bahkan tidak sama sekali? We’ll see. Sebenarnya saya sudah lama merencanakan untuk meng-cancel account saya di Multiply, hanya saja baru terealisasi sekarang. Mungkin, ini adalah waktu yang tepat. Insya Alloh.

Dan, satu-satunya alasan saya harus meninggalkan Multiply untuk saat ini adalah karena saya masih harus menyelesaikan tanggungjawab saya di dunia nyata. Tanggungjawab saya pada diri sendiri akan masa lalu, masa sekarang dan masa depan (terlalu rumitkah dengan bahasa ini? semoga bisa dipahami dengan baik). Saya harus “merantau”, dan fokus dengan perantauan saya. Bukan karena Multiply telah mengganggu saya, tidak sama sekali. Justru Multiply telah banyak membantu saya, dalam banyak hal. Dan tenang, ini BUKAN soal menikah. Sepertinya terlalu berlebihan dan tak masuk akal bagi saya kalau menikah menjadi alasan saya untuk meng-cancel account atau meninggalkan Multiply. Lagipula, kalau saya menikah kelak, insya Alloh akan saya kabarkan dengan cara baik-baik kepada teman-teman saya semuanya (kalau perlu bikin akun di Multiply, khusus undangan menikah hahaha). Kabar baik harus diberitakan dengan cara baik kan? Kalau ada yang merasa belum puas dengan alasan saya, silahkan menghubungi email saya di bawah. Simpel kan?

“Kok gak ngajak2. Ati2 di dunia luar sana ya. Jangan terlalu banyak ngupil, ntar tuh lubang idung makin lebar aja. Ckp 3-4 kali sepekan. Dan pastikan t4nya aman, kasian kalo ikhwan2 pada ilpil cm gara-gara hobi ngupilmu wkwkkwkwwk. Loph u tooo J

“Why …?”

“Kamu cancel akunmu? Hiks … Syedih … tapi aku percaya itu yang terbaik untukmu.”

“Ada apa, ukh?”

“Aku rung ngerti penampakanmu lho padahal …”

“Huaaa ucix T__T …”

“Skrg si yang jelas aq belum bs terima ci. Tapi ya aq coba ngerti aja semoga dg gitu jadi lebih baik buatmu.”

“Iya tapi tidak semua bisa paham dengan keputusan kita J. Aku doakan apapun alasanmu, semoha urusanmu dimudahkan Alloh. Amiin …”

“My boipreen, aku titipkan kamu pada Alloh. I’ll miss you.”

“Hope u’ll find what u looking 4 … J

*reaksi beberapa teman yang tahu saya cancel account ^^’*

Sepertinya memang ada yang kecewa dengan sikap saya yang tiba-tiba. Mungkin, saya dianggap terlalu childish untuk hal ini. Whatever, saya lebih tahu resiko yang akan saya dapatkan dalam setiap keputusan sekecil apapun yang saya ambil. Saya akui, mungkin memang cara pamitan saya yang salah. Terlalu tiba-tiba. Mengagetkan, bahkan tanpa pamit. Meski sebenarnya saya sudah pamitan, hanya saja cara saya yang tersirat mungkin tak cukup ditangkap dengan baik oleh yang lain. Tetapi saya pikir kalau tidak begini, saya tidak akan benar-benar cancel account. Saya hanya akan terus berada pada area skeptis dan menunda-nunda. Saya tidak bisa mengatakan, apakah ini juga baik untuk seseorang lain, untuk saudara-saudara saya dan untuk teman-teman lainnya. Jadi, saya mohon maaf yang setulus-tulusnya untuk semua yang pernah terjadi. Semoga tidak ada yang merasa dirugikan.

Dan saya bersyukur, ini bukan sekedar emosi sesaat. Perenungan yang panjang, membuat saya mampu berpikir lebih jernih. Saya harus siap, saya harus tegas. Pada diri saya sendiri. Sama sekali tidak ada keraguan ketika saya memutuskan untuk meng-klik tulisan “cancel account” di Multiply. Karena saya yakin, memang ini adalah waktu yang tepat. Semua ini saya putuskan setelah mengadu panjang pada-Nya dan ternyata Alloh memberikan banyak petunjuk untuk jalan yang saya ambil ini. Meski butuh waktu seminggu untuk benar-benar mantap menghapus diri saya dari Multiply, agak uring-uringan antara iya dan tidak. Tahu nggak rasanya? Seperti dipinang cinta hihihihi (lebai mode on). Karena ternyata memang semua petunjuk yang Alloh berikan mengarah pada keputusan cancel account (beneran udah kayak dilamar aja hahahaha).

Dan jangan salah, saya pun tidak asal cancel account karena semua tulisan-tulisan (jurnal) saya masih ada, saya selamatkan dulu sebelumnya. Eman-eman, ratusan lhoo. Ngebayangin dulu nulisnya udah pake meres otak dan keringet ampe berdarah-darah, masa dibiarkan begitu saja? Jangan dong! Sayangnya, saya lupa menyimpan quote-quote pribadi hihihi. But, no matter what. Semua tulisan itu saya simpan rapi di folder laptop saya untuk dibuka lagi suatu saat nanti (mungkin, kalau lagi pengen menggali inspirasi lagi), sebelum terhapus otomatis setelah cancel account. Soalnya, mubadzir kalau dihapus begitu saja. Bagaimanapun, kelak akan menjadi bukti sejarah untuk anak cucu saya (hihihi). Naskah otentik kehidupan saya J. Jadi, ini juga tips buat yang mau cancel account, jangan lupa untuk “bersih-bersih” lapak dulu sebelumnya.

Bicara masalah rindu, pasti saya akan rindu setengah mati ala D’Massive dengan suasana Multiply yang ajaib. Quick Note dan Jurnal penuh kegembiraan, mengharu biru, berdebar-debar, konyol, horor, kekesalan, kemarahan, kerinduan, kekaguman dan status yang menakjubkan lainnya. Komentar-komentar konyol dan kocak di QN saya, lucu dan gokil, saling mengejek (candaan tentunya). Sapaan-sapaan lembut penuh rindu di Guestbook. Pesan-pesan rahasia di PM. Debat-debat unik dan kocak (kadang gokil juga) di jurnal yang saya posting. Postingan photo, music, video, review buku/ film/ dan sejenisnya yang selalu punya “taste” sendiri. Update QN atau jurnal teman-teman yang kadang lucu, kadang imbisil, kadang menyebalkan, kadang gokil, kadang penuh kemalangan, kadang seperti penuh teguran dan seribu “keanehan” lain. Nggak akan ada lagi badai postingan, sampah, atau block-blockan. Huwwwaaaaaaaaaaaaaaaaaaa …. Senyum-senyum sendiri kalau ingat semua yang pernah muncul di Multiply. Lebih dari itu, saya belajar banyak dari sana. Belajar bahwa Alloh menciptakan banyak “keindahan” di dunia ini, pun yang tak kasat oleh mata. Subhanalloh, Alloh memberikan begitu banyak tempat untuk saya belajar (emjeje deh).

Menyesal?

Enggak, insya Alloh. Saya sudah memutuskan. Semoga Alloh memberikan kebarokahan. Amin.

Kadang jadi aneh sih, karena sekarang kalau mulai connecting internet jadi nggak ada alasan untuk membuka Multiply. Hahahaha. Ah, saya hanya berharap semoga setelah saya menghapus akun di Multiply tersebut, saya sudah tidak mempunyai hutang apapun pada teman-teman (hutang kekesalan, hutang minta maaf, hutang kesedihan …). Semoga tidak ada hak mereka yang tertahan di saya, yang masih saya bawa. Atau janji yang belum saya penuhi. I wish, please God. Jikapun ada, tolong beritahu saya atau ikhlaskan saja J. Mohon dengan sangat, kalau memang ada yang merasa bahwa saya belum menyelesaikan urusan dengan beberapa teman di Multiply, saya persilahkan untuk menghubungi saya via SMS atau email. Daripada hanya berprasangka tidak jelas, lebih baik langsung ditanyakan pada yang bersangkutan bukan? Insya Alloh, segala hal yang dimulai secara baik-baik akan saya selesaikan secara baik-baik pula.

Suatu saat nanti, mungkin saya bisa berbagi kebahagiaan kembali di Multiply. Entah kapan, dengan nama yang mungkin tetap akan sama “ucix holic” atau “karima alfathiyya” atau “muhammad fajar” atau nama lain yang lebih aneh ^^’ (secara, yang nulis kan emang orang aneh hehehe). Sekarang, biarkan saya berpijak di tempat lain, di tempat yang mungkin lebih baik dari sekarang. Di tempat yang saya telah menanam janji untuk menjadi seorang ucix holic dan berharap saya bisa memenuhi janji saya seperti janjinya seorang ksatria (hoekprett, tapi beneran kok).

Terima kasih buat teman-teman semuanya, saya banyak belajar dari kalian. Dan saya akan selalu belajar dari kalian. Selalu, meskipun kita sudah berbeda tempat berpijak tapi kita masih beratapkan langit yang sama (ciehhh, prikitiwww, kok malah geje??? Huhuhuhu … saya pasti akan kangen dengan makhluk-makhluk tengil bin usil itu … hei, kalian para makhluk usil bin tengil, jangan lupakan aku yaaaaaaaaaaaaaaa).

Maaf, untuk teman-teman yang belum sempat saya pamit-i sehingga mungkin mengira saya telah me-remove atau mem-block kalian. Maaf, justru saya yang telah me-remove dan mem-block diri saya dari Multiply. Saling mengikhlaskan segala kekhilafan ya. Semoga kita bisa bertemu di kesempatan yang lebih baik. See you soon …

*tenang, saya masih eksis kok di dunia maya. buktinya saya masih punya email di Yahoo (halah, opo iki)*

Intinya, inilah kesan saya terhadap Multiply. Love it, pokoknya … ^^”

Semuanya, terimakasih telah mengijinkan saya untuk mengenal kalian. Love you all ….

MERDEKAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!!

nb: maaf, jika isi postingan ini tak cukup menjawab judul postingan. hanya ingin menulis, itu saja.

Salam takzim untuk teman-teman saya semua di Multiply (baik kontak maupun network).
Salam super duper untuk para ID Multiply yang pernah berkomunikasi (intens maupun tidak) dengan ID ucixholic

Setiap orang mempunyai alasan kuat untuk meninggalkan suatu tempat.

Karena setiap orang bertanggungjawab atas dirinya sendiri.

Bukan pada orang lain.

Setiap yang datang pun, suatu saat harus pergi.

Dan setiap yang pergi, suatu saat akan digantikan dengan kedatangan yang lebih baik.

Hanya keikhlasan yang akan membuat sebuah kematian menjadi amat sangat hidup.

Akhirnya, kisah cute evil berakhir sampai disini.

*quote by cute evil*

*tulisan terakhirkuuuuu … polos dan amburadul, seperti biasanya di pojokan sarang cute evil*

Purworejo, 5 Januari 2011 5:18 AM

Ucix Holic

Nb: jika masih ada yang merasa mempunyai urusan yang belum terselesaikan dengan saya, silahkan hubungi saya via email: karima_alfathiyya@yahoo.co.id atau fajarholic08@gmail.com.


#ni Fajar nemu tulisannya Ucix aka Muhammad Fajar.. hehehe, di blogspotnya di sini

Advertisements

181 thoughts on “Sihir Multiply; “Secuil Kisah Cute Evil”

  1. #maaph pertamax habiiiiss#hahahaah, kembaranq.. meski aku kehilangan rumah wajib buat kuancurin.. tapi smoga ini keputusan terbaikmu.. pasti bakal kangen ngerusuh bareng dengan boso Jowo kita.. mm, baru kali ini nemu orang yang mirip banget cara berpikirnya bahkan nama depan kita sama2 fajar.. wkwkwkpadahal baru sekali ketemu langsung tapi dah kek kenal luamaa banget.. hehehe.. aneh ya.. aku jarang2 muni ngene.. luv u cix.. hehehe the smile on your face.. mm.. mmuuaahh.. =)))

  2. gadisamnesia said: sumpeh percakapan diatas membuat ku pusing ..ora ngerti bahasa van java hahax

    bwahahahaha.. baca yang bahasa indonesia aja sef.. =pntar bikin saingan dunkz.. opera van Bontang..qeqeqehahax

  3. fightforfreedom said: sangat disayangkan, mbak Jar.saya rasa MPID akan merasa berduka sore ini.

    hahaha.. masa pak?biasa aja ah MPID..hehehe.. insyaAllaah dah dipertimbangkan masak2.. =)

  4. tranparamole said: multiply, untuk apa?Sebenernya gak perlu ca, cukup matikan niat ngempi*lol

    lha itu dah dijawab.. untuk apanya.. dah baca lengkap lum? =piya deh.. ntar masuk ke jurnalmu rom..hahaha, mentang2 jurnalmu itukan beda2 tiap orang Rom..itu pilihan kan?kenapa ngakak?

  5. hwwibntato said: sumber daya up*l berkurang di multiply …*nangis lagi … guling-guling …

    =)))))top sales girlnya bos perusahaan up*l cancel akun ya gtu..*gelundungin ke selokan

  6. jaraway said: “Kok gak ngajak2. Ati2 di dunia luar sana ya. Jangan terlalu banyak ngupil, ntar tuh lubang idung makin lebar aja. Ckp 3-4 kali sepekan. Dan pastikan t4nya aman, kasian kalo ikhwan2 pada ilpil cm gara-gara hobi ngupilmu wkwkkwkwwk. Loph u tooo J”

    aye senang sms aye yg pertama di kutip….pertama baca tadi pagi di blogspot, udah pengen komen.. tapi jaringan kantor lagi lelet… ga tau berhasil apa ga malah kepikiran mosting di MP juga, eh keduluan ma kembarannya…eh, ngomong2 soal kembaran, aye juga kembaran dong ya… panggilannya pan sama…

  7. wkwkwkwk… *ga tahan ngakak..iyaaaa.. aku pas liat pertama dah bisa nebak pasti dari si Momon nih..=)))hahaha.. aku takut kalo komen di BS salah id lagi.. muhammad arif, kan repot.. =))wahahaha.. ayo mba.. dicopas tempetmu juga gapapa..hooh, kan aku nemuin ucixholic juga di rumahmu mba..sesama uci yang jago ngegeje..ancuuuurr dah qnq tentang nama fajar.. *kalo inget ngakak terus

  8. nurfirman40 said: Firman mengingati beliau dengan nota notanya yg pendek……

    wah.. berarti belum banyak liat jurnal2nya yang panjang2 Firman..hehehe..kalo udah nulis dia panjang banget lho.. qeqeqe

  9. jaraway said: wah.. berarti belum banyak liat jurnal2nya yang panjang2 Firman..hehehe..kalo udah nulis dia panjang banget lho.. qeqeqe

    rasanya ada sih tapi lebih ingat nota notanya……terkadang hanya tiga huruf aja…..

  10. zanjabilkautsar said: hehm, meskipun ga thu apa dan siapa.tapi, semakin sadar kalo multiply itu emang unix.

    hahaha.. iya, bukan kontaknya gita.. tapi ya mirip lah ama aku.. akhwat satu inihu’um.. mp memang uniq..

  11. nurfirman40 said: rasanya ada sih tapi lebih ingat nota notanya……terkadang hanya tiga huruf aja…..

    ahahahaha.. itulah si cute evil..gempaaaaarrr ma badai qn-nya.. tapi seruu..hihi

  12. hwwibntato said: up*l siapa ini? kok tingkat kelengketannya beda sama yang kemarin? he he he …qiqiqiqiqi …

    wah.. mba pechi gimana ini, masa hari ini ama maren dah beda mutunya?ckckckck=)))

  13. jaraway said: wah.. mba pechi gimana ini, masa hari ini ama maren dah beda mutunya?ckckckck=)))

    padahal masang iklannya gede-gedean … “Kualitas Terjamin Tanpa Bahan Pengawet”

  14. jaraway said: biasa aja ah MPID..hehehe..

    Bayangkan, ada tulisan2 bagus & bermutu pada blogmu, kemudian dibaca oleh banyak orang, lantas menginspirasi mereka untuk berubah menjadi lebih baik krn tulisan2 itu… wahh…Jadi, selama gak aktif (tanpa cancel account), saya rasa cukup tinggalin aja jejak yg manis (dan menularkan semangat)… kikis habis (delete) yg menurutmu geje :)

  15. jaraway said: hooh, kan aku nemuin ucixholic juga di rumahmu mba..sesama uci yang jago ngegeje..ancuuuurr dah qnq tentang nama fajar.. *kalo inget ngakak terus

    aye pake “h”, jadi pastinya lebih keren iya.. kalian ketemunya di tempatku yak?? wkwkwkwk…paling ngakak waktu telpon2an ma dia, terus dia ngaku kalo kemampuan geje-nya di dapat dari aye…bingung harus bangga atau kasian sama dia

  16. hwwibntato said: padahal masang iklannya gede-gedean … “Kualitas Terjamin Tanpa Bahan Pengawet”

    asli ngakak liat ni komen..=))tanpa bahan pengawet ga pake pemanis apalagi perasa buatan..=))))

  17. tranparamole said: wah si keatingsoundtrack romantis film komedi kerenho2*gakbisadengerlagidihp

    hooh si keating..lagu andalan ucixholic..=)))ya udah nyanyi2 aja ndiri..=))))))

  18. fightforfreedom said: Bayangkan, ada tulisan2 bagus & bermutu pada blogmu, kemudian dibaca oleh banyak orang, lantas menginspirasi mereka untuk berubah menjadi lebih baik krn tulisan2 itu… wahh…Jadi, selama gak aktif (tanpa cancel account), saya rasa cukup tinggalin aja jejak yg manis (dan menularkan semangat)… kikis habis (delete) yg menurutmu geje :)

    mm.. jarang yang masih sempet buka kalo yang bersangkutan dah ga ngempi lagi pak.. hehehe..wah, ntar ga jadi2 ninggalin..hahahawedew.. brarti semua jurnal ama qn fajar musti diancurin.. secaraa geje semua pak.. haghaghag..*ngaciiir

  19. secara yang bisa ngibasin ekor ya si momon.. iya deh.. apa si yang ga buat mba pechi..=pbwahahaha.. aku pun berguru padamu mba.. *ngaku.. awal2 ngempiku blajar GeJe ma OOT kan diajarin dirimu ma Dzi..=))))halah.. bilang aja seneng ampe terbang..haghag

  20. hwwibntato said: bilangin sama ucix … ada yang nangis guling-guling di tempat penuh up*l … ha ha ha …

    iyaaaa.. ntar takbilangin.. ampe lengket2 semua…hahaha*masang spanduk “dilarang masuk” buat yang bawa up*l

  21. haduh…nangis beneran baca tulisannya mba uci…(*Melankolis mode on)mirip pengalamanku dulu mengcancel account yang pertama….semangat bae` lah….*komen disini juga kan ga dibaca ama mba ucix..hehe..

  22. mytruelife said: haduh…nangis beneran baca tulisannya mba uci…(*Melankolis mode on)mirip pengalamanku dulu mengcancel account yang pertama….semangat bae` lah….*komen disini juga kan ga dibaca ama mba ucix..hehe..

    bisa dibaca lah dari luar.. kan takset for everyone..hehehewuahahahaha.. melo nya keluar.. =))))yoo.. smoga tetep smangaD

  23. tjapplien said: tp gak rame kan mbak??? :-Sya wis lah, semoga apapun yg ingin dilakukan dan dicitakan dimudahkan kaliyan Gusti Alloh..

    hahaha.. ga ana badai qn.. wkwkwaamiin..nek pengen rame obong omah ae Plien..ngko lak rame digebugi tanggane..=)))

  24. jaraway said: bisa dibaca lah dari luar.. kan takset for everyone..hehehewuahahahaha.. melo nya keluar.. =))))yoo.. smoga tetep smangaD

    eh yaa mba ucix kan ga buka multiply lagi kan yaa….*kalo misalnya sekarang mba ucix masih baca…menyarankan untuk jangan buka buka multiply dulu beberapa waktu…biar gejolak itu tidak kembali lagi….tunggu dulu sajahehehe pengalaman dulu aku…..

  25. mytruelife said: eh yaa mba ucix kan ga buka multiply lagi kan yaa….*kalo misalnya sekarang mba ucix masih baca…menyarankan untuk jangan buka buka multiply dulu beberapa waktu…biar gejolak itu tidak kembali lagi….tunggu dulu sajahehehe pengalaman dulu aku…..

    lah.. ya gapapa lah kalo mau baca..kalo komitmen itu kuat ga masalah insyaAllaah..hehehesyukran sarannya ntar biar ucix yang liat

  26. Weeee…Smsku muncul dimari.Dhowo rek…Hihi… Nyuri2 buka empe saat mbabu karo tim merapi.Fajaaaaarr… Kami membutuhkan tenaga dan pikiranmu!*Blm kelar baca, tar buka lg nek wes selo

  27. tjapplien said: lah, kan emang tiap hari gitu mbak..dr awal ngempi kayak’e emang gitu di inbox ku :D

    maksude iki gur seka ucix thok akeh qn, kan beberapa orang ga begitu sreg dengan akeh qn.. nek aku si sante2 wae.. wis ana filtere dhewe2 nek pengen buka khusus blog ya ana dhewe.. nek pengen qn dhewe, foto dhewe, dll lah

  28. riefighter said: Weeee…Smsku muncul dimari.Dhowo rek…Hihi… Nyuri2 buka empe saat mbabu karo tim merapi.Fajaaaaarr… Kami membutuhkan tenaga dan pikiranmu!*Blm kelar baca, tar buka lg nek wes selo

    hahahaha…iyo ig.. boyprnd sopo meneh..=)))iyo lah, ucix ngunuwoalaaahh.. jan..hahahahee? aku? nggo ngapa? sms ae..oke2 seeph,,,

  29. riefighter said: Weeee…Smsku muncul dimari.Dhowo rek…Hihi… Nyuri2 buka empe saat mbabu karo tim merapi.Fajaaaaarr… Kami membutuhkan tenaga dan pikiranmu!*Blm kelar baca, tar buka lg nek wes selo

    dobel..

  30. jaraway said: bwahahahaha.. baca yang bahasa indonesia aja sef.. =pntar bikin saingan dunkz.. opera van Bontang..qeqeqehahax

    di bontang ntu g ada bahasanya !! hehesmua bercampur jadi satu..jawa, bugis, dll jadi g pusing dech klo tersesat..hehex

  31. mbak…. huhuhu meleleh q macane…i love multiply really…dan mbak salah satu teman dunia maya q….ra tau ketemuan tapi berasa akrab banget dah…hua hiks hiks hiks…

  32. Alasan singkate opo cix? Misale nutup akun FB krn: 1. Punya org yahudi, 2. Jd lupa waktu.Tp y wis kputusanmu, jd selamat mjalani rencna2mu, smg berkah, amiinbtw jarene goodfriend will never say goodbye, so I will say ‘see you’

  33. ibnuabdulbari said: tulisane bagus-bagus padahal….., tanya-tanya-tanya, kalau deactive permanent gimana ya? caranya maksudnya…,

    ohya, emang ant kontaknya? coz ucix akhir2 kemaren jarang nyetting selain buat kontak..hehehe.. bukan saya lho yang Cancel Akuncaranya..klik my account di kanan atas masuk ke mu account info.. trus paling bawah ada cancel my account.. mm, mau CA kah? mbok jangan

  34. nanazh said: mbak…. huhuhu meleleh q macane…i love multiply really…dan mbak salah satu teman dunia maya q….ra tau ketemuan tapi berasa akrab banget dah…hua hiks hiks hiks…

    awakmu lha koq tiru2 basaq..meleleh2 barang =))))yup, multiply cen uniqeh, dirimu ga mikir iki sing nulis aku kan?dudu aku lho sing CA..iki kembaranq sing CA..hehehe

  35. desthaonly said: Alasan singkate opo cix? Misale nutup akun FB krn: 1. Punya org yahudi, 2. Jd lupa waktu.Tp y wis kputusanmu, jd selamat mjalani rencna2mu, smg berkah, amiinbtw jarene goodfriend will never say goodbye, so I will say ‘see you’

    nek di tulisan di atas ucix nulisnya”Tetapi saya menghapus akun saya di Multiply secara permanent adalah karena saya pribadi. Saya pribadi yang memang harus meninggalkan Multiply, entah dalam waktu berapa lama saya belum tahu.”hehehehe..aamiin.. see u buat ucix.. qeqeqe

  36. kadang perasaan sedih ditinggalkan, bisa menimbulkan kesal yang berlebihan.. dan begitulah selalu yang saya rasakan, setiap kali ada kontak MP saya yang cancel accountTT____TT

  37. carrotsoup said: kadang perasaan sedih ditinggalkan, bisa menimbulkan kesal yang berlebihan.. dan begitulah selalu yang saya rasakan, setiap kali ada kontak MP saya yang cancel accountTT____TT

    hahahaha.. lebay..=))))masa segitunya omali.. biasa aja..*ngakak liat emot

  38. @omali : yang datang & pergi bukane selayaknya disikapi tak terlalu berlebihan ya? hehehehe..ya gimanapun tiap orang punya pilihan masing2.. punya keputusan masing2..hihihi*ngomong apa si fajar..hahaha

  39. mylathief said: entah aku sudah jadi kontak apa nggak…pernah berkunjung…dan sepertinya sdh nge-add (karena tulisannya bagus)

    huum.. gaya tulisanne aku seneng banget lah pokokmen.. heheherumah wajib taksinggahi.. haha

  40. ekspresilepas said: pantes.. kok ucix ga keliatan.. hehesalam tuk ucix ya fajar.. hehe

    hehehe.. iya mba.. liat haesnya juga udah polos.. ngerii.. qeqeqeqeinsyaAllaah taksampein ke Ucix, mba Dian..=)

  41. mylathief said: eh, judul blogspote ‘dunia kecil, matahariku” ha hakoyok judul MP ku : DUnia kecilkuwkwkw

    hooh.. pas pertama weruh judul MPmu dadi kelingan Blogspot-e ucix..hahahamirip.. tapi mataharine ra ana.. lha secara podho2 fajar, kudu ana mataharinehagzhagzhagz

  42. gadisamnesia said: di bontang ntu g ada bahasanya !! hehesmua bercampur jadi satu..jawa, bugis, dll jadi g pusing dech klo tersesat..hehex

    ya ampun sefffff.. keliwatan lagi coba..haduu… dirimu nangkring di atas jadi pas liat bawah ga keliatan..=(hiks..maaph…bwahahahaha.. keren tuh, kalo tersesat seruu.. latian bahasa isyarat..=)))hahahahax*pengen ke kalimantan

  43. ibnuabdulbari said: ndak; belom jadi temannya…, tapi tahu ya, bisa mbaca tulisan-tulisannya; mungkin settingannya diubah for every one….,mau CA kah? kurang tahu, cuman sekedar tanya aja….,

    hoo.. gtu toh.. hehehe.. iya mungkin.. ada beberapa yang diset everyone ato networkowh, ngoten.. baiklah..

  44. amatullahnella said: huwaaa….aku kan durung nduwe no.ne mba ucix…hikz… mbokdhe…ojo lungo sik tho… T_T

    walah, rung nduwe to.. njaluk unimu.. po ngko taksms.. *aku lagi limit pulsa

  45. nyesek bener dari paragraf sepanjang 1 kilometer ini, tidak ada satupun nama an yang disebutkan, ataupun nama id an, bahkan secara tersiratpun tidak… :(((((((semoga yang terbaik untuk mu mba ucix,,, insyaAllah engkau paling tau yang terbaik untuk dirimu setelah meminta petunjuk pada Allah…

  46. :((( bener dah baca nih jurnal, denger back soundnya dan baca komentar + nama an yang sama sekali tidak tercantum bikin dada nyesek…apalagi katika tau saudara2 saya dibawah sana sedang senang berfoya2 dengan up*il disaat mba ucix pergi menutup pabrik up*il nya yang mulai bangkrut… :(((

  47. :(((( semakin sedih ketika mba rie dan mba suchi memamerkan sms nya yang dicantumkan di jurnal ini, kenapa sms ku tidak ditampilkan…sms yang itu lohmasa lupa sih mbaitu loh kan kita sempet smsanyang waktu bulan laluwaktu an dirumah sakit:(((

  48. hadiyanfa said: bahkan secara tersiratpun tidak

    sepulang keliling dunia, membaca tulisan ini lagi, nyesek denger lagunya, nyesek baca tulisannya…tapi rupanya namaku ditulisakna secara tersirat loh….!!! :)))

  49. hadiyanfa said: nyesek bener dari paragraf sepanjang 1 kilometer ini, tidak ada satupun nama an yang disebutkan, ataupun nama id an, bahkan secara tersiratpun tidak… :(((((((semoga yang terbaik untuk mu mba ucix,,, insyaAllah engkau paling tau yang terbaik untuk dirimu setelah meminta petunjuk pada Allah…

    ga ada id yang disebut keknyaemang sapa faris?*ngakakaamiin

  50. hadiyanfa said: sepulang keliling dunia, membaca tulisan ini lagi, nyesek denger lagunya, nyesek baca tulisannya…tapi rupanya namaku ditulisakna secara tersirat loh….!!! :)))

    GR ah..

  51. hadiyanfa said: :((( bener dah baca nih jurnal, denger back soundnya dan baca komentar + nama an yang sama sekali tidak tercantum bikin dada nyesek…apalagi katika tau saudara2 saya dibawah sana sedang senang berfoya2 dengan up*il disaat mba ucix pergi menutup pabrik up*il nya yang mulai bangkrut… :(((

    emang sapa Faris? ngapain juga disebut..=papa itu yang dibintang? up*il? alah, ga ikutan aja..

  52. hadiyanfa said: :(((( semakin sedih ketika mba rie dan mba suchi memamerkan sms nya yang dicantumkan di jurnal ini, kenapa sms ku tidak ditampilkan…sms yang itu lohmasa lupa sih mbaitu loh kan kita sempet smsanyang waktu bulan laluwaktu an dirumah sakit:(((

    ya iya wong faris ga dipamitiga pamit ke ikhwan? ato faris akhwat ternyata?ga ada hubungannya kali ma itu..palingan juga dah diapus*ngakak

  53. hadiyanfa said: T_____Tlawakan dibawah cuman menghibur hati yg sedang duka, lawakan dibawah hanya coba kaburkan lara yang menjadi….

    kata sapa?itu kan menurutmu.. ga juga..

  54. hadiyanfa said: T_T kagak bisa tidur,,,, baca buku think and grow rich napoleon hill

    masa baca buku sambil ngempi sambil komen sambil baca ni jurnal.. yang bener..

  55. madislam said: salah satu yg bikin inbox penuh dah cancel akun. seneng deh.besok sapa lg ya?

    keknya bukan kontakmu deh Mad.. menuh2in inbox gimana?kalo emang aku juga menuhin inboxmu diremuv aja, gtu koq repot

  56. hadiyanfa said: hahahahahaa…. ngakak baca balasan komen mba fajar… padahal abis berde**t tadi… wkwkwkwk

    ngapain dibintanginberdebat. gtu aja koq pake ditutupin tulisannyakek gtu berdebat ya? hahahahahaha..baru tau aku.. wah, keknya MPers lain kalo taktanyain dengan gaya bahasa kek gtu biasa aja..

  57. sahabatry said: Aku masih ga mudeng Jar….Dirimu akan meninggalkan MP tercinta ini ?? sementara aq baru aja bikin akun baru…Tegaaanya…tegaaa….

    oraaaaa Ry..iki si ucix.. tulisane ucix, bar Cancel akun..aku jik ning kene koq.. tenang.. jik menanti traktiran bakso ulegmu..hahahaha=)))

  58. jaraway said: oraaaaa Ry..iki si ucix.. tulisane ucix, bar Cancel akun..aku jik ning kene koq.. tenang.. jik menanti traktiran bakso ulegmu..hahahaha=)))

    Tak kira kau akan pergi…..dan meninggalkan smua ini….Eeh Jar, waktu itu ku sms n telpon2 kok dirimu tak angkat to ?? itu lho waktu aq di Magelang….*masih tanda tanya sampe skarang*

  59. sahabatry said: Tak kira kau akan pergi…..dan meninggalkan smua ini….Eeh Jar, waktu itu ku sms n telpon2 kok dirimu tak angkat to ?? itu lho waktu aq di Magelang….*masih tanda tanya sampe skarang*

    rung ana pikirang nggo meninggalkan MP Ry..hihihiwalah pas kae to.. hapeku ki gek jothakan karo Telkomsel.. dadi entuk sms lagi nyampe hari berikute.. nek ditelpon langsung drop..hape antiq.. lagian pas kuwi ketoke aku lagi tepar, drop fisikq

  60. jaraway said: rung ana pikirang nggo meninggalkan MP Ry..hihihiwalah pas kae to.. hapeku ki gek jothakan karo Telkomsel.. dadi entuk sms lagi nyampe hari berikute.. nek ditelpon langsung drop..hape antiq.. lagian pas kuwi ketoke aku lagi tepar, drop fisikq

    Padahal kae kesempatan mbanget lho….Aq lagi santai di Alun-alun Magelang, eehh mau ngajak dirimu malah ra iso-iso…huuuu…..

  61. sahabatry said: Padahal kae kesempatan mbanget lho….Aq lagi santai di Alun-alun Magelang, eehh mau ngajak dirimu malah ra iso-iso…huuuu…..

    hiks..maafkan daku Ry.. heheheiyo ki muga2 kapan2 iso ketemu lah.. =)

  62. jaraway said: hiks..maafkan daku Ry.. heheheiyo ki muga2 kapan2 iso ketemu lah.. =)

    Sebulan lalu aku juga ke Magelang, malah 2 hari wara wiri tapi bingung ra iso menghubungimu…Nomermu menghilang nak :(

  63. jaraway said: @ ria : walah.. ilang to.. sik2.. nomermu jik sing kae to?bar iki taksms wis ri.. hehehehe

    Sudah ada & Sudah ku simpan….Maturnuwun nak, saiki aq tak siap2 mengukur kasur :)

  64. sahabatry said: Sudah ada & Sudah ku simpan….Maturnuwun nak, saiki aq tak siap2 mengukur kasur :)

    seeplah.. n_nbawas ae mpe ilang meneh.. takuncali gethuk saktruk.. hahara sido turu, ngukur kasur ra bar2.. wkwk

  65. It’s amazing how you can speak right to my heart Without saying a word you can light up the dark Try as I may I can never explain What I hear when you don’t say a thing The smile on your face let’s me know that you need me There’s a truth in your eyes saying you’ll never leave me The touch of your hand says you’ll catch me wherever I fall You say it best, when you say nothing at all All day long I can hear people talking out loud (oh…) But when you hold me near (oh, hold me near) You drown out the crowd (drown out crowd) Try as they may, they can never defy What’s been said between your heart and mine The smile on your face let me know that you need me There’s a truth in your eyes saying you’ll never leave me The touch of your hand says you’ll catch me wherever I fall You say it best, when you say nothing at all…oh Oh, the smile on your face let’s I know that you need me There’s a truth in your eyes saying you’ll never leave me The touch of your hand says you’ll catch me wherever I fall You say it best, when you say nothing at all You say it best, when you say nothing at all You say it best, when you say nothing at all (The smile on your face) You say it best, when you say nothing at all (The truth in your eyes) (The touch of your hand) You say it best, when you say nothing at all (Let me know that you need me) You say it best, when you say nothing at all (nothing at all) You say it best, when you say nothing at all (nothing at all) You say it best, when you say nothing at all (nothing at all)

  66. jaraway said: keknya bukan kontakmu deh Mad.. menuh2in inbox gimana?kalo emang aku juga menuhin inboxmu diremuv aja, gtu koq repot

    nohkan..komenntya mirip kaya komen fatih,,pasti dia yang nulis

  67. madislam said: nohkan..komenntya mirip kaya komen fatih,,pasti dia yang nulis

    ketoke sie ngunu, secara sing jam 1 bengi jik ol sopo eneh nek dudu kalong dunia maya.. hahahahha

  68. isaanshori said: kalo menurutku sih belum :ptapi ya wislah.. ndak apa2.. hehe

    hehehe.. kalo buatq si udah..hhe =pya.. ga perlu ada masalah ma kawan di mp buat CA, pilihan ja kan..hii.. n_nv

  69. wah…ternyata comment saya blum masuk, padahal kmarin udah komen lewat hp.yowis saya ulangi..”saya boleh titip saya pertanyaan ke mba ucix gak mba?? dari dulu saya mau nanya ini tapi belum sempet ditanyakan.. makna dari nama ucixholic itu apa sih mba?? terima kasih mba..

  70. fitrahkautsar said: wah…ternyata comment saya blum masuk, padahal kmarin udah komen lewat hp.yowis saya ulangi..”saya boleh titip saya pertanyaan ke mba ucix gak mba?? dari dulu saya mau nanya ini tapi belum sempet ditanyakan.. makna dari nama ucixholic itu apa sih mba?? terima kasih mba..

    hurung je fit.. makane ki bocah munine wis maca, wis muncul juga tapi koq ora komen..hahahahaokelah.. ngko taktekonke insyaAllaah..

  71. arisunantyo said: owh, ra sopan blas, ga pamitan karo aku, (ngamuk2 )salam nggo ucix jar :-)

    welah.. lha mbah aris ning ndi ae.. hahahaha.. suwi ra dolan.. pertapa ning pekalongan ki..hahainsyaAllaah, mbah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s