Menolak untuk Patah

Lelah, penat, bosan.. semua kumpulan rasa yang sangat manusiawi bisa hadir di tengahtengah perjalanan kita sebagai manusia. Semangat yang mulai pudar, idealisme yang mulai rapuh, atau keceriaan yang mulai pupus.

Jangan berhenti, titik! (judul Tarbawi)

Sekali lagi ini bukan tentang nyaman atau tidak nyaman, karena kedua pilihan itu kitalah yang bisa men-setting-nya dalam kehidupan kita. Tinggal pilih. Pilihan antara MAU atau tidak untuk menyamankan diri.

Manusia memang kadang lebih melihat apa yang tidak ada di sisinya. Fitrah makhluk Allaah satu ini memang begitu. Ya, kadang kalau ada yang kalau bertemu berantem terus, kalau pisah kangen. (keinget dua adikq kalo ketemu berantem terus kalo ada yang pergi jauh kangen banget dah..hahaha)

Yang lagi skipsi ato TA, pengen cepet wisuda, yang udah wisuda setrez kalo ga dapetdapet kerja, yang udah dapet kerja setrez karena seperti dikekang kebebasan dan dibeli waktunya.

Yang jauh dari orang tua bilang begitu rindu, lama ga pulang; yang ga begitu jauh tapi ga serumah bilang kalo ga seringsering pulang juga ga enak; yang serumah dengan orang tua mungkin sering ga cocok.

Setiap medan ada tantangannya, setiap kondisi ada permasalahannya. Tinggal syukuri saja setiap keadaan yang kita hadapi dan, berpikir positif
*ngomong doang sie enak jar.. hahaha

Jika kita sudah sampai di suatu titik dan merasa begitu lelah di kondisi itu, mungkin kita perlu mengingatingat lagi masa awalawal ketika pilihan itu kita ambil. Bisa jadi ada wajahwajah yang penuh senyum ketulusan bahkan tawa renyah menyambut kabar gembira atas apa yang kita capai. (Ah, jadi teringat saat keterima di TE dulu.. betapa ada wajah yang begitu sumringah mendengar kabar itu, padahala akunya biasa aja, malah tambah semangat tidur habis ngelembur)

Ada yang layak kita pertaruhkan atas nama keluarga (judul tarbawi juga)

Ketika kebosanan melanda harihari kita yang cenderung terjebak pada rutinitas tuntunan hidup yang kita hadapi, mengapa tak coba sedikit kita geser arah pandang kita terhadap sesuatu yang hampir sama tiap hari itu dengan cara lain.
Tanamkan dalam diri kita, bahwa setiap kejadian dalam harihari kita itu unik dan pasti menyimpan banyak hikmah. Tanamkan pula, hari ini hari yang menyenangkan bagiku. Hari ini aku akan menemui orangorang luar biasa, dsb. Mungkin kita perlu sering mengubah emoticon “=(” dalam hati kita menjadi “=)”.
hehehehe

Tersenyumlah agar bahagia. Cerialah agar hidup yang kau jalani indah.
qiqiqi..

Berbagilah keceriaan, sepahit apapun yang kau hadapi (judul Tarbawi juga, tapi lupa redaksi kalimatnya yang bener gimana)

Sedikit banyak sudah pernah dan cukup sering kuterapkan meski dalam kondisi hati yang sedang super BeTe(Butuh Teh.. -halah-) yaitu mencoba hal mudah, yang sangat sederhana..coba untuk memulai senyum dan menyapa orangorang yang kita temui saat berjalan kaki atau bahkan naik kendaraan. Rasakan apa perubahan yang ada dalam perasaan kita saat itu. MasyaaAllaah, seperti ada energi positif memancar yang memberi keceriaan saat senyum dan sapa kita dibalas oleh orang yang bersangkutan meski kita tak mengenalnya. Menyenangkan. Sederhana, bukan?!

Oiya, pernah ada temen yang setelah aku bercerita tentang apa yang kuhadapi -gamenyenangkanpastinya-, dengan raut muka tetep ketawaketawa dan ceria dia bingung.. “koq masih bisa si mba ketawaketawa dan tetep ceria dengan apa yang sudah kau hadapi?” Aku tambah ngakak, lha trus musti gimana? Muka cemberut? Sedih terusterusan. Capek ah, mending gini kan malah bikin orang lain ikut semangat to? “ho’oh si mba, bener juga” hahaha..

Yup.. mari kita menjadi jiwajiwa yang menolak untuk patah terhadap halhal yang tidak kita inginkan terjadi mengguncang kehidupan kita. Meski menj
alankan tak semudah mengatakannya.. mari saling mengingatkan.

Tetap berusaha melakukan yang terbaik, jika kita tahu apa yang kita lakukan itu bukan sesuatu yang menyimpang.

Mm.. betapa rindu pada rasulullaah shalallaahu ‘alayhi wassallam.. uswah terbaik bagi kita untuk menjadi jiwa yang menolak patah pada cobaan dan ujian.

Sendiri pada mulanya ia menyeru.

Lalu lebih seratus sahabat yang ia tinggalkan

saat ia wafat.

Sendiri pada mulanya ia melawan.

Lantas ada enam puluh delapan pertempuran

yang ia komandoi.

Tak punya apa-apa saat lahir.

Lalu ada kekuasaan meliputi seluruh jazirah Arab yang ia wariskan saat wafat.

Dialah Muhammad Shalallaahi ‘alayhi wassalaam…

Dia bukan hanya hebat.

Bukan hanya pahlawan.

Dia juga melahirkan banyak pahlawan.

Dia tidak hanya menjadi sesuatu.

Dia menjadikan orang lain di sekitarnya sesuatu.

(Mencari Pahlawan Indonesia-Anis Matta)
Advertisements

70 thoughts on “Menolak untuk Patah

  1. jaraway said: cobalah untuk tak lelah menjadi jiwa yang menolak patah*maaph tadi lum selese ngetik dah keposting, dudulz

    -sekarang dah selese ngetiknya.. dah lengkap jurnalnya.. edited..hahahaha-

  2. adiraf22 said: Matur nuwun cah ayu..wah kangen baca tarbawi *__*tulisane de gede ee bisa ora..rodo pedes mripatku mocone..

    hahaha.. sami2 mba ida.. =)beli bundel-e ae mba pas balik indonesia ntar,, qeqedigedhekke yo mba.. oke.. sik..

  3. akuai said: hohoho.. temanya campur2 gini jadi bingung mau komen apa mba fajar.. agaknya dirimu mirip sama si semangka merah neh.. xixi..

    wahahaha.. loncatloncat ini nepati janji buat nulis tapi ni otak dah kek mo tumpah aja.. haghaghag.. cieee… tapi aku ga doyan semangka Ai, kalo jambu, rambutan, pisang, stroberi, nanas aja gimana Ai? =)) *ngelunjak

  4. jaraway said: wahahaha.. loncatloncat ini nepati janji buat nulis tapi ni otak dah kek mo tumpah aja.. haghaghag.. cieee… tapi aku ga doyan semangka Ai, kalo jambu, rambutan, pisang, stroberi, nanas aja gimana Ai? =)) *ngelunjak

    ambil filosofinya aja mba. jadi bayarnya setengah harga deh. gimana? deal? :D

  5. huaaaaaaaaa telepati mp-ers sepertinya sedang terjadi lagi ni… mbak nulis sesuatu yang ngepas banget buat counter perasaan negatif yang sedang aku alami ni… inspiring banget… ya… hal yang mudah sering kita remehkan… padahal sudah ribet berpikir ke mana mana sebenarnya solusinya adalah hal mudah itu

  6. topenkkeren said: ana sing kurang lengkap kalimate. coba dicek ning bagian strezz kerja. ;deh, jazakillah sudah mengingatkan. dadi pengen maem, eh, pengen nangis. *ganti emot nangis dadi iki: :))

    uwis budhe.. pas dirimu maca ki aku lagi ngedit.. woconen komen pertamaxq.. hehehe..=pwaiyyaaka.. =)))) *nek iki emot ngakak tenan.. hahha.. iyo aku juaraaanggg nggo emot nangis lho.. asli.. diulapi kuwi iluh-e.. ngisin2i.. =p

  7. topenkkeren said: waaah.. koe jek seneng maca tarbawi juga ta? ;psing mbok sebut judule wi aku duwe kabeh. ;d

    iyo laaaaaaaaaaaahhhh.. majalah pertama sing menggebrakku.. nmu bundel-e ning smaq.. takculik ning kos2an diwaca mpe tamat..ahahahah.. langganan po?

  8. penasulung said: hatsyaaaahh panjang bener euy.. kapan2 dah balik lg hehe.. lg bersama kertas2 :))

    wahahahaha.. ini pendk koq, cuma fontnya yang takgedhin jadi puanjaaaaanng.. =p.. tengah malem ditemani kertas2 & mie..=)))

  9. nanazh said: huaaaaaaaaa telepati mp-ers sepertinya sedang terjadi lagi ni… mbak nulis sesuatu yang ngepas banget buat counter perasaan negatif yang sedang aku alami ni… inspiring banget… ya… hal yang mudah sering kita remehkan… padahal sudah ribet berpikir ke mana mana sebenarnya solusinya adalah hal mudah itu

    eh.. moso si Naz? waahhh.. ilmu kebatinanq semakin terasah.. *halah.. =))))n_nvhu’um.. nikmati setiap hari2 kita.. kadang lelah dan bosan itu karena kita kurang peka dan tak men-setting otak kita untuk merasa setiap hari itu unik.. hehehehe..nek aku sie carane ngunu.. & kata orang2 mba fajar tu semangat di manapun berada.. *tsaahhh.. =))

  10. hwwibntato said: tulisan yang bersemangat dan menggugah …suka sekali …*Fajar menghilang ke mana saja? he he he …

    B-)fajar emang kereeennnn.. *pletaaakkk.. smangaaaDDD..lagi banyak maen ni bang.. hehehe.. kumpul ma adek2 lagi.. jadi semangat.. cihuy

  11. topenkkeren said: iluhe siki wis ilang. dadi rak ngisin-ngisini. ;porak langganan. tapi tumbas ben terbit. ;d*reply gae hape.gak isa copas

    wahahahaha.. =))))) apik lah.. ndak banjir Tegal.. =pwooo.. podho kancaq.. saben metu tarbawi ngendon ning ngarep mejid ning nggon sing dodol.. opone sing dicopas? quote maksudmu?

  12. nabelahafshah said: pokoke ngikut!.mb pajar pindah ke spion. aku disini.:p

    spion juga udah penuuhhhhhh..et ahh.. yang duluan sapa juga.. maen serobot aje Bel.. bel.. =p

  13. hwwibntato said: ha ha ha …untungnya saya selalu menyangka Fajar adalah manusia … he he he …

    wahahhahahahaaha…aseli ni reply bikin ngakak..=))))patah hati ketika sahabat berbuat yang begitu “mengecewakan”

  14. jaraway said: patah hati ketika sahabat berbuat yang begitu “mengecewakan”

    dan mungkin itu bukan akhir dari kekecewaan yang kamu dapatkan …seandainya jalan masih panjang, hatimu akan patah lagi dan patah lagi … he he he …*maka siapkan obat patah hati dari sekarang … ha ha ha …

  15. hwwibntato said: dan mungkin itu bukan akhir dari kekecewaan yang kamu dapatkan …seandainya jalan masih panjang, hatimu akan patah lagi dan patah lagi … he he he …*maka siapkan obat patah hati dari sekarang … ha ha ha …

    iyaaaaaaaaaaaaa……………. huhuhu…..-halah-makanya ni musti terus menolak untuk patah.. hahahaha….kasih lem alteco lah ntar.. qeqeqe

  16. hwwibntato said: mulai ngomongin lem, nih …kenapa harus up*l … ha ha ha …

    walah.. salah…=)))mulai deh.. masa obat patah hati lem up*l.. wkwk.. *horoorrr..=)))

  17. azaliazzam said: mba fajar..:)keren,,emang gini nih ciri khas Mba Fajar,,

    iyaa Sucii.. *nengok ke arah suci..heheheah.. seantero MP juga mengakui kalo fajar keren.. *pletaaaaaaakkk.. hahahahaciri khas gimana? meledak2 ya? qweqweqwe

  18. jaraway said: iyaa Sucii.. *nengok ke arah suci..heheheah.. seantero MP juga mengakui kalo fajar keren.. *pletaaaaaaakkk.. hahahahaciri khas gimana? meledak2 ya? qweqweqwe

    :Dhmm..gak jadi ah bilang kerennya,, (hhha,,)tulisannya itu dalam,,tapi,,Mba Fajar itu..klo nulis,,seringkali dibelakang tulisannya menulis sesuatu biqin jadinya ‘gubrak’ (hhe,,kaya lagu :P )

  19. azaliazzam said: :Dhmm..gak jadi ah bilang kerennya,, (hhha,,)tulisannya itu dalam,,tapi,,Mba Fajar itu..klo nulis,,seringkali dibelakang tulisannya menulis sesuatu biqin jadinya ‘gubrak’ (hhe,,kaya lagu :P )

    oo..tidak bisa *sule mode onbukti otentik telah tercatat dalam kolom komen..=)))bwahahahaa…. ati2 brarti keseringan di sini musti bawa peralatan p3k.. kejedhot terus.. gubraakkkk.. hagzhagzhagz

  20. jaraway said: oo..tidak bisa *sule mode onbukti otentik telah tercatat dalam kolom komen..=)))bwahahahaa…. ati2 brarti keseringan di sini musti bawa peralatan p3k.. kejedhot terus.. gubraakkkk.. hagzhagzhagz

    tiiddaaakkk biiisaaa,,,tuan rumah harus menyediakan P3K..hhha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s