Mesir Bergolak dan Nostalgia ’98

Mesir bergolak.. semua mata dari seluruh penjuru dunia tertuju ke sana. Mau tak mau, memori tentang Mei ’98 di Indonesia kembali terlintas di ingatan ini. Meski waktu itu masih SD mau masuk SMP, tapi hobi nonton berita memang sudah sangat melekat. Yah, meski masih terlihat banyak yang ditutup-tutupi.. Justru media asing yang lebih gamblang merekam ‘sejarah’ waktu itu.

Beberapa hari yang lalu beroleh cerita kisah nyata “mba”q, pelaku langsung aktivis ’98 di Jogja waktu itu.

Saat ada yang bilang anarkis banget ya aksi di Mesir, langsung aku respon “lah kan 97-98nya Indonesia lebih anarkis dari itu”. Hanya saja kita pas itu masih SD ato SMP jadi ga kerasa lah.

Dan sang mba pun bercerita..

“ga hanya di Jakarta, di Jogja pun begitu mencekam. Militer bertindak anarkis, ga cuma ke laki-laki.. ke perempuan juga.. sebelum sultan ikut turun ke jalan, Jogja juga super rusuh sama kayak di Solo, dan lain-lain

Dulu, jarang banget kan ada akhwat ikut demo.. tapi karena mba itu anak sastra, masa ga ikutan demo.. hihihi… yah, demo udah jadi makanan sehari-hari jaman itu. Bareng temen-temen sosialis. Di sastra kan waktu itu banyak kelompok studi, nah di kelompok studi pas bedah film padahal filmnya itu film si Leonardo di Caprio loh, kami dibubarin. lucu sih waktu itu.

Trus pernah juga hari jum’at, dulu maskam belum ada, yang laki-laki pada sholat jum’at di Gelanggang, nah kami sedang rapat berlima perempuan semua di sekre JS yang dulu.. tiba-tiba militer datang, komputer dan lain-lain diangkutin. Kami dipukul-pukul pake senapan. Yang lucu waktu itu kan saya punya motor, itu masa mau diangkut ke truk juga. Tereak-tereak lah ke mereka, pak..terserah mau ngangkut yang lain, tapi jangan motor saya, itu motor bapak ibu saya!!!.. hahaha

waktu itu juga PEMILU Mahasiswa pertama, nah saya kan ketua tim pemenangan di soshum, pas mau penghitungan suara.. eh..militer datang.. ya udah semua komando masukin kotak suara ke ruang dekan fakultas masing-masing. Suasana sangat mencekam. Nah, pas sore itu saya bolos kuliah sore karena ngurus penjagaan surat suara itu, ternyata militer masuk ke ruang kuliah saya, nah ada dosen sepuh yang diminta buat jongkok tangan di atas kepala, ga mau, disodok pake senapan juga. banyak pager UGM yang dirusk militer waktu itu, pak rektornya aja dah ditangkep.

Satu lagi cerita, dulu kan saya dan temen-temen ngontrak di Qurrota, Karang Gayam itu. Nah pernah suatu malem, listrik dimatiin ama militer, terus dari arah gang Gading Mas itu, militer beberapa truk lari ke arah kos-kos an temen-temen ‘kiri’ dan HMI di atas. Mereka pada lari.. Rame lah kejadian waktu itu.

Presma UGM pertama juga sempet ‘diciduk’ militer trus dinaikin truk diputer-puter entah kemana.

Dan di Sastra juga ada korban tewas, tapi ga diekspos beritanya. Kalo yang cukup ‘dikenal’ itu anak Sadhar si Moses, makanya ada bangunan Moses-gatotkaca, dia jadi korbannya sore hari. Waktu itu sepanjang jalan Gejayan dah berkobar api.. bener-bener rusuh lah.”

Indonesia memang pernah mengalami apa yang terjadi di Mesir saat ini, bahkan lebih mengerikan. Bagaimana perkosaan waktu itu begitu mudah terjadi di jalan-jalan, penjarahan, bakar-bakaran. Pembunuhan yang tak diketahui sampai detik ini di mana mayatnya. ya hampir setipe kondisinya, pak Harto dan Husni Mubarak dudah kepala 3 dalam menduduki tampuk kepemimpinan. Kebebasan berpendapat pun sangat amat dibatasi. Kekuatan militer begitu kuat menjaga keberlangsungan rezim.

Yah, hari ini tenggat waktu yang ditentukan oposisi di Mesir untuk jadi hari terakhir Husni Mubarak. Akankah ia mundur?! Jika tidak, ada kemungkinan rakyat Mesir akan menduduki istana presiden.

Revolusi atau reformasi.. hmm.. mengingatkanku pada kata-kata mutiara ini :

Awalnya adalah revolusi dengan semangat meletup-letup,
setelah itu adalah kerja membangun dengan kesabaran berlipat-lipat.
Tadinya hanya satu kalimat singkat,
seterusnya adalah konsistensi hingga akhir hayat.
Sebelumnya hanya lintasan ide dalam pikiran,
selanjutnya adalah penelitian pembuktian yang menuntut ketekunan panjang.
Jika semangat itu seperti sungai maka kesabaran harus seperti samudera.

setelah ‘revolusi’ itu, harus ada kerja membangun dengan kesabaran berlipat-lipat. Bukan ‘revolusi’ lalu selesai. Lebih berat proses membangunnya, karena ‘revolusi’ itu hanyalah pintu gerbang dari proses-proses selanjutnya. Jadi, yang harus selalu dipikirkan dan dipertimbangkan masak-masak, setiap ‘revolusi’ harus juga menyiapkan formula membangun setelahnya.. jika tidak.. maka hanya akan banyak seperti di Indonesia, yang berceletuk “mending jaman pak Harto, apa-apa ga mahal, hidup ga susah”. Sebuah resiko dari sebuah ‘perubahan besar’. Mempertahankan idealisme awal yang diusung saat ‘revolusi’ dengan tantangan-tantangan selanjutnya.

Semoga krisis di Mesir segera berakhir, dan Mesir dapat dipimpin oleh pemimpin yang menegakkan hukum Allaah.. begitu juga Indonesia.. semoga ‘proses membangun’nya tak kenal lelah dan terus berbenah.

Nah, teringat pesan dari seorang ustadz.. ” Indonesia itu ‘surga’nya pergerakan.. begitu mudah untuk bergerak dan mengembangkan dakwah di sini, jadi ketika kemenangan belum juga diraih oleh kepemimpinan Islam, bukan karena musuh kita yang begitu kuat, tapi dalam diri kita sendiri yang sangat lemah.”
Sebuah nasihat yang dalem. Introspeksi.. introspeksi dan introspeksi lagi..

#do’a terbaik bagi Mesir dan negara-n
egara Arab lain..
hanya celotehq yang masih sangat miskin ‘ilmu
gambar dari sini dan sini

127 thoughts on “Mesir Bergolak dan Nostalgia ’98

  1. Bedanya dg th ’98.. yg di Mesir ada tangan-tangan asing (Israel) turut bermain menghalau pendemo.Film yg ada Leonardo d’ Caprio itu judulnya apa ya? saya juga pernah nonton film yg dibintanginya itu menghina Islam, tapi lupa judulnya.

  2. fightforfreedom said: Bedanya dg th ’98.. yg di Mesir ada tangan-tangan asing (Israel) turut bermain menghalau pendemo.Film yg ada Leonardo d’ Caprio itu judulnya apa ya? saya juga pernah nonton film yg dibintanginya itu menghina Islam, tapi lupa judulnya.

    iya kah di Indonesia ga ada pak? hehehe.. lupa judul film-nya apa.. n_nv, bukan film pergerakan waktu itu.. cuma film biasa.. makanya lucu aja dibubarin ama militer gegara nonton film itu pak.. hihi

  3. farikhsaba said: Ketahuan, jangan-jangan Mbak Ken… #Iya, waktu itu di prambanan (klaten) juga ada pengrusakan. Dapet cerita dari temen2 pas SMP

    bukaaaaaannnnnn.. yeeee..=pmba Ken mah.. konco guyon.. hahahahasimbah SMP aku jik SD..haha

  4. jaraway said: bukaaaaaannnnnn.. yeeee..=pmba Ken mah.. konco guyon.. hahahahasimbah SMP aku jik SD..haha

    Brarti Nduwure Mbak Ken… Mbake sing nganggo koco moto, cilik kae, mesti.. Atau jangan2 Mbak ATin….

  5. berry89 said: aku masih SD, nggak terlalu inget.. loh..

    aku yo jik SD hay.. kelas 6.. qiqiqi.. wah, piye to bu dokter ki.. ngeling2 ngunu we lali.. ga sido taksurati.. *lhoh

  6. farikhsaba said: Brarti Nduwure Mbak Ken… Mbake sing nganggo koco moto, cilik kae, mesti.. Atau jangan2 Mbak ATin….

    jiaaaaaahhh simbaaaaaaaaahhhhhhh..malah tebak2an lhoo..wis rolling, wis rolling.. hahaha..

  7. jaraway said: aku yo jik SD hay.. kelas 6.. qiqiqi.. wah, piye to bu dokter ki.. ngeling2 ngunu we lali.. ga sido taksurati.. *lhoh

    tenanan, mungkin aku lagi dolan neng sawah yo.. kwkwkw

  8. riefighter said: di Mujahidin juga, loteng dan genteng yg dilantai 2 itu biasa dipake sembunyikalo ada oprasi… *hihi.. jadi inget kalo pas mabit suka naek2 kesono lwt jendela :p

    ih.. Mujahidin ndhuwur ki tempat bersejarah nggo aku.. pertama kali mabit.. hahahaha.. pas SMA.. wekekeke =))

  9. jaraway said: ih.. Mujahidin ndhuwur ki tempat bersejarah nggo aku.. pertama kali mabit.. hahahaha.. pas SMA.. wekekeke =))

    cieh..wahahha..mujahidin penuh kenangan.. saiki wes luih apik, tp aku kangen sing biyen :(

  10. berry89 said: tenanan, mungkin aku lagi dolan neng sawah yo.. kwkwkw

    aku yo jik dolanan mlipir kali koq pas iku.. hahahaaku kan hobi nonton berita ket jik kelas siji SDwekekeke

  11. riefighter said: cieh..wahahha..mujahidin penuh kenangan.. saiki wes luih apik, tp aku kangen sing biyen :(

    iyoooooo….makane aku tetep pengen mardliyyah ga dipugar..hehehe

  12. tranparamole said: dan karena memusuhi yang bukan musuh..*menanggapiparagrafakhirya, yang terbaik bagi mesir dan semuanya..

    jangan2 cuma baca peragraf terakhir Rom..hehehe n_nvhuum.. begitulah Indonesia.. uniknya..tantangannya.. aamiin..

  13. riefighter said: tp ttp terkenang2 :(

    biasa ae lah.. perubahan itu pasti..tapi mana yang tsawabit mana yang muthaghayyirat yang harus dipilah2..*iki ngomongke opo sih

  14. farikhsaba said: Tapi dulu itu memang mencekam, banyak toko dijarah, terutama yang punya etnis Cina. Sampai-sampai setiap toko ditulisi MILIK PRIBUMI…!#Sedikit memori yang terekam

    aku sih nggak tau dgn mata kepala.. uripku neng ndeso, tp waktu itu sdh ikut mengikuti kabar2 gitu :D

  15. jaraway said: aku yo jik dolanan mlipir kali koq pas iku.. hahahaaku kan hobi nonton berita ket jik kelas siji SDwekekeke

    kudune mlebu komunikasi njuk dadi penyiar berita Bang

  16. farikhsaba said: Tapi dulu itu memang mencekam, banyak toko dijarah, terutama yang punya etnis Cina. Sampai-sampai setiap toko ditulisi MILIK PRIBUMI…!#Sedikit memori yang terekam

    huum.. berita di tipi Indonesia aja dah serem banget..ya itu.. maksudq pemerkosaan terhadap etnis Cina.. “dendam” membabi buta pada etnis itu.. mengerikan..media barat justru yang banya mengabadikan,..

  17. jaraway said: huum.. berita di tipi Indonesia aja dah serem banget..ya itu.. maksudq pemerkosaan terhadap etnis Cina.. “dendam” membabi buta pada etnis itu.. mengerikan..media barat justru yang banya mengabadikan,..

    >,<"

  18. riefighter said: aku sih nggak tau dgn mata kepala.. uripku neng ndeso, tp waktu itu sdh ikut mengikuti kabar2 gitu :D

    aku dunkz,,, wong kutho.. hahahahakutho magelang.. =)))

  19. Mesir di backing Amrik-Israel. Amrik gak mau kehilangan ladang minyak mereka, sedangkan Israel gak mau Mesir dikuasai Islam.Kabarnya, kemaren Israel mengirimkan pesawat penghancur?

  20. dekmaniezt said: Mesir di backing Amrik-Israel. Amrik gak mau kehilangan ladang minyak mereka, sedangkan Israel gak mau Mesir dikuasai Islam.Kabarnya, kemaren Israel mengirimkan pesawat penghancur?

    kalo tentang minyak si ga seberapa, tapi mesir punya terusan suez yang merupakan jalur utama lewatnya minyak itu.. makane saiki harga minyak dunia melambung tinggi..jelas nek Amrik & Israel sangat berkepentingan atas siapa pemimpin Mesir ke depannya..kalo sampai Mesir dipimpin kekuatan Islam, jalur perbatasan dengan Palestina bisa dibuka lebar & bantuan masuk sangat mudah.. Israel ketar-ketir,..huum.. tapi lum update berita lagi-e

  21. Sepemikiran dgn bagian yg akhr.. Hm ni aja teman2 ngributin gak penting apakah memang perlu atau tidak revolusi. Ada teman yg bgtu sakleg&kliatan sgt anti ma Ikhwanul Muslimin.. Duh, hare gene ngomongin pbedaan fikroh? Ntar aja kali.. Kehormatan muslim di sana t’injak2&hrsnya qta mdukung mereka dan juga mengingatkn agar jalan revolusi masih pada koridor syar’iat.

  22. farikhsaba said: Bakat Preman…#Eh, gabung aja sama ibu-ibu di purbalingga yang ngadain operasi pasar pas jumatan.. liat di tarbawi

    hemm…gawe operasi pasar ning jogja po magelang ae piye mbah? hahaha

  23. tranparamole said: 98

    huahahahaha….. *ngakak dulu..dasar romi….. untung tadi malem jarak jumlah komen dari 98 ga banyak2 amat.. bisa2 dirimu komen cuma berhitung doang.. =))

  24. nanazh said: Sepemikiran dgn bagian yg akhr.. Hm ni aja teman2 ngributin gak penting apakah memang perlu atau tidak revolusi. Ada teman yg bgtu sakleg&kliatan sgt anti ma Ikhwanul Muslimin.. Duh, hare gene ngomongin pbedaan fikroh? Ntar aja kali.. Kehormatan muslim di sana t’injak2&hrsnya qta mdukung mereka dan juga mengingatkn agar jalan revolusi masih pada koridor syar’iat.

    hehehehe.. ya itulah..memang enak kalo ngomentarin tapi ga ada di tempat itu.. hihi..aku no komen ah Naz.. kucukupkan pendapatq ning jurnal iku..

  25. akuai said: aku masih SD. Cuma inget beberapa potong cerita. Pernah ditawarin beli barang2 hasil jarahan gitu. Hiiy..*untung jurnalnya ga pake bahasa jawa juga, hehe*

    iya, kelas 5 SD ya? hehehe.. ih.. serem.. ga ngerasain rusuh2nya jakarta?hahaha..pasti baca komennya bingung yak.. qeqeqe.. itu banyakan geje yang Jawa..=))

  26. jaraway said: iya, kelas 5 SD ya? hehehe.. ih.. serem.. ga ngerasain rusuh2nya jakarta?hahaha..pasti baca komennya bingung yak.. qeqeqe.. itu banyakan geje yang Jawa..=))

    aku tinggal di pinggir jakarta. bukan dipusatnya.. agak2 lupa kena rusuhan atau nggak. lagi asik main congklak kayaknya *loh? :p

  27. akuai said: aku tinggal di pinggir jakarta. bukan dipusatnya.. agak2 lupa kena rusuhan atau nggak. lagi asik main congklak kayaknya *loh? :p

    owh.. anak “pinggiran”.. qiqiqi.. =pwah.. pada ga inget ya ternyata.. entah kenapa waktu itu memoriq bener2 ngerekam isi berita di tipi.. sampe2 sidang MPR yang milih gus dur itu masih sangat kerekam di otakq.. hehe

  28. ummiku dulu ikut mbak fajar, sampai ndak pulang seminggu..aku sendiri juga ikut satu hari tidur di arh ui. dulu mangkal ransum buat yang demo+akhwat ada disana. hehe. tembakannya jegar-jeger. serem..nice posting, mbak fajar..:)

  29. daicymahia said: ummiku dulu ikut mbak fajar, sampai ndak pulang seminggu..aku sendiri juga ikut satu hari tidur di arh ui. dulu mangkal ransum buat yang demo+akhwat ada disana. hehe. tembakannya jegar-jeger. serem..nice posting, mbak fajar..:)

    weh.. pelaku sejarah to mba? wii.. kereenn.. lha waktu itu mba mahia umur berapa?alhamdulillaah.. =)

  30. Aku waktu itu kelas 3 atau 4 sd gitu, mbak. Sekolah sampai libur, mbak fajar.Si bapak aja pulang kerja dari bekasi sampai jalan kaki ke jakpus, pengkor deh tu kaki, nyusuri jalan tol.Polisi juga kasian, mbak. Serba salah.haduh pokoknya sereem.Dulu rama pratama yang mimpin ummi. Sekarang jadi orang dpr.

  31. daicymahia said: Aku waktu itu kelas 3 atau 4 sd gitu, mbak. Sekolah sampai libur, mbak fajar.Si bapak aja pulang kerja dari bekasi sampai jalan kaki ke jakpus, pengkor deh tu kaki, nyusuri jalan tol.Polisi juga kasian, mbak. Serba salah.haduh pokoknya sereem.Dulu rama pratama yang mimpin ummi. Sekarang jadi orang dpr.

    masyaAllaah.. kereeeeeenn..kapan2 bikin tulisannya mba.. cerita bapak ama ibu hehehe..*request

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s