Perempuan di sarang penyamun.. hihihi

“sodara2,,mb2,,Kk2,,temen2,,numpang tanya..
sebaiknya akhwat itu cari pekerjaan yg sesuai fitrohnya kn ya?? klo teknik kan kbanyakan kerjaan cowok, trus apa yg harus akhwat lakukan?? wktu itu pernah dibahas di suatu kajian, tapi tidak mjawab bagi saya. percuma dnk ilmu yg kita dpt slma ini klo ujung2nya sarjana teknik kerjanya di bank atau yg gk ada hubngnnya dg teknik.. :(
jgn jawab “jadi adkp aj..”!!
sbenarnya bisa sh nyari posisi kerjaan yg sesuai tanpa mlepas atribut engeener dan keakhwatannya, nah kalo kerja praktek gmn tu..?? denger crita senior2 klo kerjaannya begitu2an.. gk ada temen akhwat pula,,,
saya gk mau jka harus kembali ke wujud yg dulu,, nah loo…
*dulu gk nyangka klo bakal jd akhwat gini jd dulu gk mikir sejauh ini..”


tiba-tiba pertanyaan seorang akhwat teknik Mesin ’08 ini terlontar di milist Teknik..hihihi

ngek ngok.. aih, dulu ini pun jadi pertanyaan pelik buatq *tsaah..

lha ya dulu lom jadi “akhwat” pas ndaftar Teknik, tapi mana mungkin bisa jadi “akhwat” kalo ga di Teknik.. ehehehehe

dan aku cuma nanggepi dengan kedudulan aja ngereplynya
“jadi ahli fiqh yang berhubungan ma keteknikan piye tan? hehehe..
*ngayal.. qiqiqi”
bener2 ga jelas ni jawaban.
ga solutiph..
lha ya piye, dulu tanya ke ustadz didik purwodharsono dijawabnya.. “anak perempuan saya ga akan saya izinkan masuk teknik”
hihihi
bener dah.. si fifi sekarang jadi pengajar tahsin yang kuerenn punya cara ngajarnya.. apalannya juga manteb.. dah jadi ibu pula..
Cuma satu hal si inti yang pengen qtulisakan di sini, bahwa sistem pendidikan di negeri ini belum cukup memposisikan wanita di tempat yang semestinya. Dan mendidik wanita menjadi yang sesuai fitrohnya..
*inget masa2 kuliah sekelas perempuan satu2nya, trus praktikum juga sekelompok perempuan sendiri.. apa ga tambah macho tuh.. hihi
*insaph
#di sini Fajar ga minta jawaban koq dari pertanyaan itu, kalo untuk diri sendiri udah dapet jawabannya insyaAllaah. Hanya ingin berbagi sebuah fenomena akhwat2 tangguh di Teknik yang kadang oleh “akhwat2” dari fakultas lain dipandang ga menjaga izzah & iffah.. hehehe..

104 thoughts on “Perempuan di sarang penyamun.. hihihi

  1. hwwibntato said: eh, ternyata masih ada waktu untuk membaca dan komen … he he he …*timpukin aja para penyamun itu dengan tronton … he he he …

    ahahahahahahaha…..emang mo kemana to Bang? *nimpukin bang Hendra.. *lhoh

  2. berry89 said: hhhmmmm… semoga bisa segera ada pekerjaan ST akhwat :D

    aamiin.. sakjane okeh si Hay.. di belakang meja tapineee ora ning lapangan.. (sing aman)tapi ga asyik lah ngunu iku.. hihi

  3. daicymahia said: Mbak fajar, bapak saya punya teman di garuda, dia kadiv dan dia seorang perempuan lho. Lulusan teknik mesin itb, hehe.Ayo,

    ehehehehe.. wah, titik tekanq bukan di situ koq Mahia.. toh aku juga ga bercita2 jadi “pekerja”ayo kemana? =p

  4. tranparamole said: he2teknik masih lumayan lahlah, ekonomi?Berlaku juga buat yang cowoknya.Kadang, fakultas lain agak gak adil dalam menggeneralisir*lirikparagrafterakhir

    teknik mesin tu terkenal dengan anekdot 1:41 wanita di 4 angkatan.. ehehehelha akhwat kan lebih riskan kalo ke lapangan Rom.. musti pake wearpack ntu.. u know lah..bukan sekedar tentang jumlah di kelas..iya sii.. kalo muslimah dari luar masuk teknik yang ada pada serem.. buanyak banget si cowoknya.. qeqeqe

  5. Belum selesai komennya mbak fajar. Hehe.Beliau nya pernah masuk di majalah ummi atau tarbawi kalo ga salah, dan membahas suka duka perempuan teknik. Baik pas kuliah, dan kerja. Apalagi beliaunya memakai hijab yang shar’i sekali. Hehe.Semangat mbak fajar, semoga Allah memberikan hal-hal yang sreg dihati.

  6. gadisamnesia said: Jadi Guru Teknik aja jenk.. khan sedikt tuh..

    udah dililangin aye kagak nanya.. =phihihiudah dapet jawabannya.. ketauan ga baca mpe selese =))

  7. daicymahia said: Belum selesai komennya mbak fajar. Hehe.Beliau nya pernah masuk di majalah ummi atau tarbawi kalo ga salah, dan membahas suka duka perempuan teknik. Baik pas kuliah, dan kerja. Apalagi beliaunya memakai hijab yang shar’i sekali. Hehe.Semangat mbak fajar, semoga Allah memberikan hal-hal yang sreg dihati.

    owalaaaaaaaaahhhh..wii.. manteb.. hehehehe.. salut ma beliau.. sopo Mahia?kalo Fajar mah, insyaAllaah smangaaaD.. hehe.. sreg di hati dan sesuai fitrohnya semoga.. =)

  8. jaraway said: udah dililangin aye kagak nanya.. =phihihiudah dapet jawabannya.. ketauan ga baca mpe selese =))

    hahahax.. kepanjangan sich.. coba ringkas aja.. gituemang km teknik paan sich ?

  9. gadisamnesia said: hahahax.. kepanjangan sich.. coba ringkas aja.. gituemang km teknik paan sich ?

    wah..nilai pelajaran sinopsisq jelak fa.. hahahaxudah ga di teknik lagi..=p

  10. fightforfreedom said: Alhamdulillah mbak Jar sudah ketemu jawabannya shg bisa menenangkan hati.mbak Mahia, siapa profil perempuan itu? keren banget

    nggih pak.. insyaAllaah sampun.. iya, sapa si.. *penasaran juga

  11. hukmashabiyya said: wadoh2…kasian ya akhwat2 teknik*baca ulang kalimat terakhir*padahal hasil didikannya kayak mb fajar ini lho..(awas mb fajar keselek) :p

    biasa aja Dev.. *sok cool, *ngibasin tas ransel.. hehe=pemang aku koyo opo coba? keren ya? hihihihi.. *langsung ambil minum biar ga keselek.. qiqiqiqi

  12. Mbak fajar dan mas iwan :nah, masalahnya saya lupa namanya. Bapak manggilnya mbak didik (pake logat jawa). Maafkan ya. Tapi insha Allah ntar tak tanya bapak, :)waktu itu aku juga sempat baca profilnya, sedih juga, soalnya jaman beliau sekolah sering dicibir sama perempuan dari fakultas lain, keluhannya sama. belum lagi dari teman laki2nya, terkadang menganggap sebelah mata. Ditempat kerja juga begitu, beliau berusaha keras utk bargain dengan yang lain. Alhamdulillah, Allah Maha Sayang dan ‘jalan’ memang benar2 ditunjukkan dan dipermudahkan baginya.Semoga mbak fajar juga begitu.

  13. daicymahia said: Mbak fajar dan mas iwan :nah, masalahnya saya lupa namanya. Bapak manggilnya mbak didik (pake logat jawa). Maafkan ya. Tapi insha Allah ntar tak tanya bapak, :)waktu itu aku juga sempat baca profilnya, sedih juga, soalnya jaman beliau sekolah sering dicibir sama perempuan dari fakultas lain, keluhannya sama. belum lagi dari teman laki2nya, terkadang menganggap sebelah mata. Ditempat kerja juga begitu, beliau berusaha keras utk bargain dengan yang lain. Alhamdulillah, Allah Maha Sayang dan ‘jalan’ memang benar2 ditunjukkan dan dipermudahkan baginya.Semoga mbak fajar juga begitu.

    ooo. pantes koq ga disebutin namanya langsung..hihihiyup..yup.. tanyain yaaa.. *nunggu *ngarep.. hehehekalo temen2 cowok di jurusanq si ga memandang sebelah mata coz biasanya yang perempuan itu lebih rajin.. (kecuali aku) hihihiapalagi urusan catetan.. ehehehehehe, kalo aku dah ga mikir itu.. *lhoh.. maksudnyaaaaa… hihi

  14. Ust didik sering ksini, jar..Sama kayak tekkim, jar. Kalo mw sesuai bidangnya, it berarti kerja d pabrik. Padahal tw sendiri, kan, kalo teqim jurusn teknik yg paling bnyk ceweknya.D unit kerjaku bnyk jg cewek, meskipun g ada akhwat. Kerjanya kdang k lapangn jg. Naik trn tangga monyet. Aduh, nggak ‘rela’ kalo sampai ada akhwat gt. Makanya, temen2 akhwat ada yg jd guru, atau paling2 pns..

  15. hwwibntato said: saya balik lagi … he he he …mata merayap kiri kanan membaca komen satu persatu …

    weleh.. balik lagi ternyata.. ga ngefek ditimpukin.. ehehehewuaduh.. mata merayap tu njuk kepiye.. *horor.. wekekek

  16. mylathief said: Ust didik sering ksini, jar..Sama kayak tekkim, jar. Kalo mw sesuai bidangnya, it berarti kerja d pabrik. Padahal tw sendiri, kan, kalo teqim jurusn teknik yg paling bnyk ceweknya.D unit kerjaku bnyk jg cewek, meskipun g ada akhwat. Kerjanya kdang k lapangn jg. Naik trn tangga monyet. Aduh, nggak ‘rela’ kalo sampai ada akhwat gt. Makanya, temen2 akhwat ada yg jd guru, atau paling2 pns..

    iyo to? wow.. kerennaaaaahh.. u know so well lah, ga “rela” to nek ana akhwat kudu ngunu.. he’em.. mba2 tekkim-ers sing takkenal kebanyakan dadi guru & pns..pun nek ana sing nekat kerja di lapangan.. dia jadi “berubah”.. *sedih

  17. hwwibntato said: nah, ini yang sesuai nih …buat pegawai biasanya ada diskon kalau beli hasil produksi, ya … he he he …

    agak bahaya buat adikq Bang.. bwehehehehehe=))

  18. hwwibntato said: nah, ini yang sesuai nih …buat pegawai biasanya ada diskon kalau beli hasil produksi, ya … he he he …

    bukan diskon lagi bang, malah gratisan… bawa pulangs emua juga boleh..

  19. Masalah berubah it, aku nemuin sndiri. Akhwat 2002.. Setahuku ia kerja d perusahaan EPC gt. Kntraktor. Beberapa bln lalu mememukan dirinya d fb dg jilbab dililit leher..

  20. O.. Manggut manggut..Bukan system kali jar, yg cowoknya takut kesaing.. Hehe..Ups, maksudnya pola pikir masy yg memandang tehnik tuk cowok, padahal nggak juga kok.. Sebatas mampu, kompeten, dan bisa profesional dan bertanggung jawab dibidangnya, lama2 anggapan masy akan hilang.. Yang pentingkan buktikan bahwa kamu BISA.. Hehe

  21. mylathief said: Masalah berubah it, aku nemuin sndiri. Akhwat 2002.. Setahuku ia kerja d perusahaan EPC gt. Kntraktor. Beberapa bln lalu mememukan dirinya d fb dg jilbab dililit leher..

    lha sahabat baikq……. konco kenthel.. mbiyen sregep gamis-an saiki harus sering celana-an..

  22. jaraway said: mm… kasian adekq kalo musti manjat poon pisang tiap hari-sambil berkaca-kaca nulisnya-*ketularan Bang Hendra nihmwahahahah

    ga lah, mana mungkin nyuruh adekmu manjat poon tiap hari…tapi kalo ma kakaknya mah aye tega bangget…

  23. jaraway said: yang bener orang2? ga salah ketik? =p

    lho, emang orang….emangnya si up*lholic ma bang hend bukan orang yak?? *ngumpet di balik poon, takut di timpuk bang hend…

  24. ekspresilepas said: O.. Manggut manggut..Bukan system kali jar, yg cowoknya takut kesaing.. Hehe..Ups, maksudnya pola pikir masy yg memandang tehnik tuk cowok, padahal nggak juga kok.. Sebatas mampu, kompeten, dan bisa profesional dan bertanggung jawab dibidangnya, lama2 anggapan masy akan hilang.. Yang pentingkan buktikan bahwa kamu BISA.. Hehe

    *angguk2.. hihihimm.. ga gtu mba.. maksudq.. hehetentang fungsi wanita sebagai ibu.. yang seharusnya bukan sebagai pencari nafkah.. itu yang masih sangat langka dalam sistem kita.. masih sama mendidik sebagai pekerja.. -menurutq gtu-jadi dari dulu aku merasa jadi cowok itu kereeeeen *dudulnya aku.. heheheheyup.. aku BISA..insyaAllaah, jadi ibu yang baik.. aamiin.. hehehe

  25. tentang fungsi wanita sebagai ibu.. yang seharusnya bukan sebagai pencari nafkah.. itu yang masih sangat langka dalam sistem kita.. Hehe.. Ya, utk hal ini aga dilematis.. hehe.. Tapi coba di tanya lagi, tujuan wanita itu bekerja karena nafkah atau karena keinginannya sendiri.. Tuk masy skrg hal ini perlu ditanyakan lagi, sebab dari bbrp diskusi, banyak wanita yang lebih senang bekerja dan punya penghasilan sendiri dibanding hanya menunggu jatah dari suami.. Bukan karena jatah bulanan kurang mungkin, tetapi ini tentang eksistensi bahwa wanita bisa berkarya.. Halah, maap jadi serius.. Hhehe

  26. ekspresilepas said: tentang fungsi wanita sebagai ibu.. yang seharusnya bukan sebagai pencari nafkah.. itu yang masih sangat langka dalam sistem kita.. Hehe.. Ya, utk hal ini aga dilematis.. hehe.. Tapi coba di tanya lagi, tujuan wanita itu bekerja karena nafkah atau karena keinginannya sendiri.. Tuk masy skrg hal ini perlu ditanyakan lagi, sebab dari bbrp diskusi, banyak wanita yang lebih senang bekerja dan punya penghasilan sendiri dibanding hanya menunggu jatah dari suami.. Bukan karena jatah bulanan kurang mungkin, tetapi ini tentang eksistensi bahwa wanita bisa berkarya.. Halah, maap jadi serius.. Hhehe

    yup.. agak dilematis memang, karena memang kalo dilihat dari sejarahnya _sok tau_sistem pendidikan kita lebih patrenialistik.. *eh bener ga si istilahnya itu *lupanah.. jadinya ya.. lebih mengedepankan sisi eksistensi itu..makanya jadi dilematis.. aheeyyqiqiqiqidan memang gtu si.. tinggal gimana pilihan kita.. =)dipilih.. dipilih.. sayang anak.. sayang anak.. ehehehhehehe..sepulur ribu tiga *wloh.. =))

  27. jaraway said: aih.. suhu OOT, tak ada dirimu MPq hampa.. *tsaaaaaaaahhjujur ni mba.. aku padamu lah.. meski kau tetep lum lulus jadi adek iparq.. =)))

    aissshh… kok suhu OOT..

  28. kenapa ya saya selalu menangkap bahwa orientasi sebuah jurusan adalah menempatkan alumninya pada post yang sesuai bukan pada mengaplikasikan ilmu yang diserapnya di jurusan tersebut….Bila sudah bicara aplikasi, maka factor tempat akan semakin luas…..di rumah, pasar, sekolah dan lain – lainKesalahan memahami orientasi terhadap sebuah pilihan yang sering saya simpulkan tiap kali berhadapan dengan teman – teman yang merasa tidak berada di tempat/ memiliki sebuah diri yang semestinya*Maaf ya Mba…cuman mo berbagi pendapat dari sisi saja lho ini :D

  29. dhaimasrani said: kenapa ya saya selalu menangkap bahwa orientasi sebuah jurusan adalah menempatkan alumninya pada post yang sesuai bukan pada mengaplikasikan ilmu yang diserapnya di jurusan tersebut….Bila sudah bicara aplikasi, maka factor tempat akan semakin luas…..di rumah, pasar, sekolah dan lain – lainKesalahan memahami orientasi terhadap sebuah pilihan yang sering saya simpulkan tiap kali berhadapan dengan teman – teman yang merasa tidak berada di tempat/ memiliki sebuah diri yang semestinya

    naaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhh….. aih.. ada yang sepemikiran dengan saya ternyata.. hehehesepakat.. n_nbini jawaban bagiq.. ga perlu minta maaf bang Hai.. lha saya juga mikir gtu.. hihi

  30. jaraway said: naaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhh….. aih.. ada yang sepemikiran dengan saya ternyata.. hehehesepakat.. n_nbini jawaban bagiq.. ga perlu minta maaf bang Hai.. lha saya juga mikir gtu.. hihi

    ada sebuah artikel yg bagus dulu:jika kita dulu diajar profesor setelah kuliah, mk alangkah hebatnya jika anak2 kita sdh diasuh sepenuh hati oleh seorang perempuan rofesor sejak pertama kali lahir

  31. mylathief said: ada sebuah artikel yg bagus dulu:jika kita dulu diajar profesor setelah kuliah, mk alangkah hebatnya jika anak2 kita sdh diasuh sepenuh hati oleh seorang perempuan rofesor sejak pertama kali lahir

    ih.. keren Bal.. keren.. keren….n_nb

  32. Mbak!!!! maaf klo repost (maksude mungkin sudah ada yang usul), agak males baca semua komentar. heheheaku punya usul untuk para akhwat teknik. selain jadi guru/dosen, sebenere ada peluang besar lho. jadi pengusaha.contoh : akhwat teknik fisika : membuat biro konsultan dan perencanaan pembuatan pembangkit listrik dengan sumber energi terbarukan. sekarang kan banyak daerah2 yang tertarik mengembangkan sumber energi terbarukan. (ini yang dilakukan bulik ku)akhwat teknik kimia (bekerja sama dengan farmasi) mendirikan pabrik jamu tradisional (obat herbal), (ini yang dilakukan ibunya adik kelasku)akhwat arsitek membuka jasa konsultan pembangunan rumah yang ecodesign, atau membuka jasa property dan pembangunan perumahan untuk warga miskin (yang dilakukan elang gumilang)akhwat elektro : merakit dan menjual alat-alat elektronik edukatif untuk anak dan remaja (belum memnemukan pelakunya)intinya jadi pengusaha mbak, membuka lowongan pekerjaan untuk orang lain :Dklo ditannya modalnya dari mana, salah satu saran saya adalah minta bantuan suami :D:Peace:

  33. afatih said: Mbak!!!! maaf klo repost (maksude mungkin sudah ada yang usul), agak males baca semua komentar. heheheaku punya usul untuk para akhwat teknik. selain jadi guru/dosen, sebenere ada peluang besar lho. jadi pengusaha.contoh : akhwat teknik fisika : membuat biro konsultan dan perencanaan pembuatan pembangkit listrik dengan sumber energi terbarukan. sekarang kan banyak daerah2 yang tertarik mengembangkan sumber energi terbarukan. (ini yang dilakukan bulik ku)akhwat teknik kimia (bekerja sama dengan farmasi) mendirikan pabrik jamu tradisional (obat herbal), (ini yang dilakukan ibunya adik kelasku)akhwat arsitek membuka jasa konsultan pembangunan rumah yang ecodesign, atau membuka jasa property dan pembangunan perumahan untuk warga miskin (yang dilakukan elang gumilang)akhwat elektro : merakit dan menjual alat-alat elektronik edukatif untuk anak dan remaja (belum memnemukan pelakunya)intinya jadi pengusaha mbak, membuka lowongan pekerjaan untuk orang lain :Dklo ditannya modalnya dari mana, salah satu saran saya adalah minta bantuan suami :D:Peace:

    weleh fiq.. fiq.. muanteb jawabanmu.. dowooooooooooo tenan..kandhani aku ga “pengen jawaban” gur pengen crita..hehehehening kene akhwat teknik-e gur aku.. yoh suk tak ngomong bojoq ya.. *nggaya..=)))insyaAllaah.. hihiintine si tanti ki tekon KPne ning ndi nek Teknik mesin ki.. susah to dhe’nen ki

  34. emang jawaban saya bukan saya tujukan untuk mbak fajar kok, siapa tau ada akhwat teknik nyasar mrene :Dklo di jurusan saya (tidak perlu disebutkan namanya kan :D). kita bisa ambil kerja praktek di lab (membantu proyek dosen, dll), dlu si Wanodya juga gitu, gak ke perusahaan dia. coba Tanti tanya2 ke jurusannya. boleh gak kerja praktek di lab :Dklo gak boleh, suruh dia pindah ke jurusan saya saja ^_^v

  35. afatih said: emang jawaban saya bukan saya tujukan untuk mbak fajar kok, siapa tau ada akhwat teknik nyasar mrene :Dklo di jurusan saya (tidak perlu disebutkan namanya kan :D). kita bisa ambil kerja praktek di lab (membantu proyek dosen, dll), dlu si Wanodya juga gitu, gak ke perusahaan dia. coba Tanti tanya2 ke jurusannya. boleh gak kerja praktek di lab :Dklo gak boleh, suruh dia pindah ke jurusan saya saja ^_^v

    ga ono fiq… sing nyasar reneeh.. iyo juga yo fiq..mbiyen si wano kan ning lab yo.. lali.. oke2.. ngko tak ngomong tanti.. sipsip.. nuwun.. n_nbehehehehe.. kober men pindah podho2 teknik gur pengen KP ning lab..=)))

  36. nuqiechan21 said: aiihh,,, njowoo,,, roaming mba,, :Dtapi aku setuju usulnya buat jd pengusaha ajahehe

    bwehehehehe…. mahap deh.. lha lucu aku kalo ngomong ma hafiq ga pake boso jowo..aku juga setuju..

  37. nuqiechan21 said: hehe..yey, aku jd petaninya yah:D

    klo mbak fajar cuma mau berkunjung ke lahannya, aku menawarkan diri untuk bekerjasama memasarkan hasil panennya. gmn?^_^vtentu dengan bagi hasil yang kompetitif :D

  38. jaraway said: ga ono fiq… sing nyasar reneeh.. iyo juga yo fiq..mbiyen si wano kan ning lab yo.. lali.. oke2.. ngko tak ngomong tanti.. sipsip.. nuwun.. n_nbehehehehe.. kober men pindah podho2 teknik gur pengen KP ning lab..=)))

    mbok diundang-undang mbak ben do nyasar. mbak fajar kan paling pinter yen dikon promosi ^_^vah, piye. anak2 jurusanku kan memang selalu jadi inspirasi. masak dilupakan? mesti ra ngerti konco2ku le akhwat do nyambut gawe nang ngendi sakiki? ra ono seng nang perusahaan/pabrik/lapangan lho. dadi jek do iso tetep menjaga “jilbab”nya tetap syar’i. :D

  39. afatih said: mbok diundang-undang mbak ben do nyasar. mbak fajar kan paling pinter yen dikon promosi ^_^vah, piye. anak2 jurusanku kan memang selalu jadi inspirasi. masak dilupakan? mesti ra ngerti konco2ku le akhwat do nyambut gawe nang ngendi sakiki? ra ono seng nang perusahaan/pabrik/lapangan lho. dadi jek do iso tetep menjaga “jilbab”nya tetap syar’i. :D

    walah.. males aku fiq.. ndak blogq terkenal ning cah2 bahayaaa..=)))promosi opo? =pworo2 iyoo.. hahahaiyah.. mulai narsis fitek-e metuiyo wis keren wis.. =))

  40. afatih said: klo mbak fajar cuma mau berkunjung ke lahannya, aku menawarkan diri untuk bekerjasama memasarkan hasil panennya. gmn?^_^vtentu dengan bagi hasil yang kompetitif :D

    weleh.. berhubung kalian membicarakannya di lapakq.. musti kecipratan dunk aku..=))*dasar matre..

  41. jaraway said: walah.. males aku fiq.. ndak blogq terkenal ning cah2 bahayaaa..=)))promosi opo? =pworo2 iyoo.. hahahaiyah.. mulai narsis fitek-e metuiyo wis keren wis.. =))

    hahaha, ngakuine kok kepekso ngono :DMbak, aku kirim PM kok ra ditanggepi wi, :((, butuh banget pitulunganmu ki :D

  42. afatih said: hahaha, ngakuine kok kepekso ngono :DMbak, aku kirim PM kok ra ditanggepi wi, :((, butuh banget pitulunganmu ki :D

    lha ro hafiq oq.. yo cetho kepekso..=))weleh.. ono pm to.. maklum.. aku suwi ga ngeh MP.. qiqihuuu.. hafiq ki kapan to ra ngrepoti.. wekekek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s