Rohingya Memanggil!

braaaak…. aaaarrrgggh..!
bebaris kalimat itu seolah mengoyak dadaku
perih
bagian tubuh kita yang lain kini tengah meregang nyawa

tak cukup genosida Palestina
tak terkira duka Suriah
saat ini tak jauh dari kita Rohingya dibumihanguskan
ya, Myanmar-Burma. Asia Tenggara. dekat, sangat dekat.

hey!
kau bilang menegakkan kalimat Allah di bumiNya?
hey!
kau bilang semua tempat adalah tanah airmu ketika Laailahaillallaah diagungkan?

lalu ini apa?
kita hanya bisa gagu
saudara macam apa kita?!
aarrghh..

kita masih asyik dengan dunia
ketika dua puluh kampung Muslim di Rohingya dibakar habis oleh mereka
kita masih asyik dengan dunia
ketika tiga masjid luluh lantak dihancurkan mereka
kita masih asyik dengan dunia
lima ratus tujuh ratus jiwa saudara seaqidah kita dibunuh dan dibakar hidup-hidup
kita masih asyik dengan dunia
ketika target besar mereka ‘membersihkan’ suku Muslim Rohingya tanpa sisa

perlu berapa ratus nyawa lagi harus dibantai untuk membuka mata kita?
perlu berapa ribu liter darah lagi harus mengucur untuk menyadarkan kita?
perlu berapa juta jengkal tanah lagi yang harus terampas untuk menampar kita?

ini bukan waktunya bungkam!

apa yang akan kita jawab di hadapanNya kelak ketika ditanya
“pembelaan apa yang telah kau buat untuk saudaramu?”

_di tengah duka mendalam atas tragedi di Rohingya_


*membaca lagi dan lagi kultwit ustadz Herry Nurdi di sini benar-benar menyesakkan dada ini. T_T

*bentar qcpoy-in di jurnal ini tapi sik.. lemot..

*tadinya mau ngejurnal yang lain tapi bener-bener ga konsen keingetan berita ini terus

gambar Seorang warga etnis Rohingya tengah menunggu bantuan diluar sebuah masjid di Sittwe, Myanmar. (Damir Sagolj/Reuters) dari sini


1/ Selamat pagi, mohon maaf jika pagi ini memberi kabar sedih. Dini hari tadi baru di beri kabar pilu oleh saudara2 di Rohingya

2/ Jadi, selain Suriah ada pembantaian lain yg lebih dekat dengan kita, yakni di Myanmar-Burma. Demokrasi yg dimenangkan Suu Kyi ternyata…

3/ Tidak menyentuh keadilan dan menghentikan kezaliman yang menimpa saudara-saudara Muslim kita di Rohingya.

4/ Semalam kelompok Rakhine menyerang lebih 20 kampung Muslim di Rohingya seluruh kampung dibakar habis oleh mereka.

5/ Tiga masjid lulun lantak termasuk yang menjadi target dimusnahkan. Komunitas ASEAN harus melakukan sesuatu, terutama Muslim

6/ US dan Inggris, jika tentang Suu Kyi dan kebebasan demokrasi semangat menekan Burma, kalau tentang Rohingya kok diam saja?

7/ Mesti kabarnya belum pasti, ada 500-700 org d bunuh dn ada d bakar hidup dalam beberapa hari terakhir. Ayo lakukan sesuatu!

8/ S
epertinya target besarnya adalah cleansing muslim ethnic Rohingya di Myanmar-Burma kian menjadi-jadi.


9/ Muslim Rohingya beberapa tahu lalu, sampai melarikan diri berkapal-kapal penuh, terdampar di Aceh dan disambut sepenuh hati, wajahnya sama!

10/ Sdh benerapa dekade ini mereka mengalami penindasan sedemikian rupa. Bahkan sampai tak diberi hak memegang paspor! Soal hidup, jangan tanya

11/ Rohingya, dulu adalah kesultanan Islam yg berdaulat, kini wilayahnya masuk daam teritori Burma. Ditindas-bantai oleh rezim Junta Militernya!

12/ Awal tahun ini saya berjumpa dengan para pejuanh Burma, mereka meminta Indonesia sebagai saudara tua di ASEAN memikirkan nasibnya

13/ Lebih dari ASEAN, kita adalah saudara Muslimnya, tanggungjawab kita akan ditanya, telah membiarkan saudara dianiaya

14/ Apakah mungkin lepas-ba’da shalat Jumat ini kita buat perhimpunan untuk membela Rohingya dan mengirim pesan pd Burma bahwa kita siaga?

15/ Ttg rohingya ada ditulis di republika hari ini, tapi saya pasti, beritanya copy paste dari media barat tdk mencari berita sendiri

16/ bismillah, saya akan sedikit twit kabar dari rohingya, baru masuk agak terstruktur, meski tidak lengkap benar. semoga membantu dan bisa aksi

17/ tersiar kabar bahwa seorang perempuan dari suku Rakhine yang masyoritas beragama Budha telah mengalami pelecehan seksual oleh warga Rohingya

18/ tidak jelas benar kabar ini, siapa korbannya, atau siapa pelakunya, tidak ada yang bisa diklarifikasi, semua sumir, tp kabar sudah menyebar

19/ pada 3 Juni 2012, penyerbuan pertama terjadi di perkampungan Muslim di wilayah Taunggote, 10 orang warga Muslim Rohingya tewas

20/ warga Rakhine atas kabar perkosaan tadi melakukan pembalasan dan penyerangan secara massal kepada kampung dan komunitas Muslim di Rohingya

21/ termasuk penyerangan sebuah Bus di wilayah Tongu yang mengangkut romonbongan jamaah tabligh menuju Rangoon, di serang oleh etnis Rakhine

22/ Dua kampung Sara Prang dan Tarang Shong di daerah Rathidong dibakar habis, rata dengan tanah, penduduknya tidak tersisa. kabar memilukan!

23/ lalu penyerangan lebih masih dan sporadis kian meluas, termasuk menyerang ibukota Arakan di wilayah Akyap, dan korban makin banyak bjatuhan

24/ di seluruh wilayah Arakan, komunitas Muslim Rohingya menjadi target sasaran etnis Rakhine yang digerakkan oleh sentimen rasis dan kemarahan

25/ maka bertambahlah korban, selain krn kelompok Rakhine, polisi dan militer juga menembak komunitas Muslim Rohingya, beberapa tewas

26/ banyak yang tewas, ramai yang terluka, sementara yang selamat menyelamatkan diri ke berbagai penjuru wilayah Arakan

27/ ada polisi dan militer yang turun mengamankan, tapi sayangnya tidak fair dan menjadiman Muslim Rohingya sebagai sasaran juga.

28/ di wilayah Maungdaw, memang belum bisa diklarifikasi, tapi kabar yang smp ke saya jumlahnya ratusan korban jiwa, muslim minoritas Rohingya

29/ berdasarkan Kaladan Press Network ada 100 orang Muslim tewas dan 500 orang lainnya terluka, berat, ringan, tua, muda, perempuan & anak-anak

30/ jenazah mer
eka diangkut dan dibawah oleh militer dan kepolisian, tidak di serahkan kepada keluarga, dan tidak ada yang berani untuk membela


31/ karena itu pula tidak ada yang bisa memastikan berapa banyak korban yang telah meninggal dan berapa yang masih hilang.

32/ sementara yang terluka, tidak diizinkan untuk mendapatkan perawatan di Arakan Hospital, maka mereka merawat diri dengan keadaan darurat

33/ saat ini keadaan darurat diberlakukan di seluruh wilayah Arakan, tapi anehnya, polisi&militer diam saat kelompok Rakhine melakukan serangan

34/ Pihak penguasa telah memberlakukan AKta 144 yang melarang mobilisasi dan pengerahan massa, serta membatas pergerakan penduduk…

35/ tapi sayangnya, Akta 144 seperti tidak berlaku untuk masyarakat Rakhine yang melakukan serangan kepada Muslim Minoritas Rohingya di Arakan

36/ kelompok etnis Rakhine terus melakukan pembakaran rumah, perusakan dan penodaan masjid, merampok harta benda dalam Akta Darurat

37/ saat berita ini saya terima, sebuah masjid dan banyak rumah di perkampungan Samamia Para di kawasan Myothu Gi, hancur, luluh lantak dibakar!

38/ 9 Juni 2012 perkampungan di Hazmia Para rata dengan tanah, dibakar tanpa belas kasih dan tak menyisakan kehidupan di sana

39/ dan yang terbaru, 10 Juni 2012, dua perkampungan terbesar yang dihuni Muslim, di serang secara brutal oleh kelompok rasis. Allahumanshur…

40/ Kampung Warlispara dan Saki Para dua kampung paling ramai umat Islam Rohingya, madrasah, sekolah, masjid, tak tersisah, habis sudah!

41/ hp dan signal hanya ada di perbatasan bangladesh saja, di Maungdaw sedikit, sisanya menjadi blank spot. Arakan dibantai! Allahuma salimna

42/ semua media dilarang masuk ke Arakan, semua rekaman digeledah dan di sita, video dari hp dan komunikasi lainnya diputus utk mencegah infonya

43/ kita harus melakukan sesuatu, sebagai saudara Muslim di Indonesia. begitu juga komunitas agama lain, karena ini sudah

44/ harus ada yang bisa kita lakukan untuk menghentikan kekerasan dan pembantaian ini. MUI, Dewan Dakwah, FUI, FSLDK, BEM, Sebarkan!

45/ berita yang sampai di media ttg Rohingya, contohnya yang ditulis republika hari ini, tidak cukup detil dan akurat, hanya permukaannya saja

46/ para asatidz, guru, motivator dan tokoh muslim yang follwernya banyak tolong bantu sebarkan juga berita tentang Muslim Rohingya

47/ tidak harus percaya saya twit saya, tapi jangan juga diam, dan cari informasi yang lebih detil lagi jika memungkinkan, lakukan sesuatu!

48/ ada yang bisa bantu chripstory twit Rohingya barusan? supaya bisa menyebarkannya dengan mudah. semoga Allah memberikan balasan terbaik

Advertisements

36 thoughts on “Rohingya Memanggil!

  1. desthaonly said: gregetan. cukuplah neraka dunia untuk korban Rohingya, hingga di akhirat nanti yg tersisa hanya surga bagi mereka, amiin

    aamiin.. insyaAllaah syahid… T_T

  2. desthaonly said: baru ngerti ad macam chripstory gtu. dulu kalo copas twitter, nyusunnyaaaa sampe gondrong saking kelamaan =D

    hihihi.. dah lama mba.. aku suka ngechirp dulu.. bulan lalu.. tapi sekarang lagi agak males. hehehe.. iya nih.. nyusun copas satu2 lamaa.. =D

  3. desthaonly said: hah apaan tuh? #1 dan KLIMAKS?! cuma yang komen aj yg bs baca pow?

    tenaaang…. ini cuma mainanq aja mba di themes,, buat seru2an klimax dulu.. ehehe.. jadi otomatis komen no 1 & no 5 ada tandanya =D

  4. desthaonly said: males lah sign up2 an lagi… copas2 dari fajar aj hueheewess iso yo koyo ngono? =D

    ahahaha.. maksudku buat twit2 liyane.. dudu sing iki.. nek iki ya copas wae monggo =D *mumpung aku gek sregep ngopas siji2.. hehehediajari yang jago ngutak-atik themes.. tapi wong-e wis jarang ngempi saiki.. =D

  5. cinderellazty said: Selain doa apa ya yang bs dilakukan?Kalo palestina kan udah bnyk posnya, ini kita gimana donk? Ya Raabb…

    infokan sebanyak2nya.. kalo ada jaringannya si desak yang ada di pemerintahan untuk “memperhatikan” ini. apapun lah yang bisa kita bisa lewat jaringan kita masing2..

  6. armyofroses said: allahu akbar!aku bru tau kmrn kabar ini dr fb ust.herry nurdi.jumat pekan ini akan mulai bergerak..

    iya… aku juga tau dari twit2 beliau.. hooh.. mungkin galang massa kampus & elemen2 lain..

  7. jejak2mimpi said: Komnas HAM?? PBB?? aaahh…what should we do??#prayforrohingnya

    abal2 mereka membela HAM..lakukan apapun yang kita bisa.. minimal do’a & kabarkan ke rekan2 kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s