Sambut Ramadhan Penuh Cita dan Cinta #2

Oukeh, lanjutan dari jurnal yang di sini nih. maaf telat. hehehe. Kumat malesnya.. =D

Puasa itu wajib bagi setiap Muslim yang sudah mukallaf. anak-anak boleh latihan, tetapi disesuaikan dengan kemampuannya. Jangan sampai anaknya baru 3 tahun orang tuanya nyuruh puasa, bisa sakit, bahaya.

وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

Al-Baqarah:185. jadi barangsiapa yang sakit atau bepergian boleh tidak puasa lalu mengganti di hari lain.

Lalu bagaimana dengan orang yang sakit flu, atau yang menderita panu di punggungnya? ya ga berlaku. Tapi ada yang bilang, lha di ayatnya cuma sakit, ga ada istilah sakit berat. Trus yang safar dari sini ke jakarta tapi naik bis AC ke jogja lanjut naik pesawat AC juga cuma 50 menit. Nah, untuk yang seperti ini baca ayat ini sampai selesai. masih ada lanjutannya..

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ

“Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.”

dari bagian ayat itu bermakna bahwa sakit & safar yang diperbolehkan untuk tidak puasa adalah yang jika puasa itu kesulitan. Bukan yang dibuat-buat sulit.

Mungkin seperti yang sakit gula. Yang gula darahnya dah 600. Atau yang sakit dah mau meninggal tapi ga jadi.

Trus kalo tentang maag? Nah maag ini kata dokter bukan karena telat makan, tapi karena pikiran. Jadi pikirannya dah mau makan tapi ditunda-tunda. kalau puasa kan kita ga mikir makan. Jadi ya bukan masalah.

Dan kalau kita lihat di ayat sebelumnya 184 ada bagian

وَأَن تَصُومُوا خَيْرٌ لَّكُمْ

“Dan berpuasa lebih baik bagimu”

Orang-orang yang berat berpuasa itu antara lain:

1/ wanita hamil dan menyusui [ al-hamil wal murdhi’u *bener ga ya bahasa arabnya ato fajar salah dengar =D]
wajib bayar fidyah. ga usah dobel dengan mengqadha’. rukhshah itu tidak mungkin lebih berat dari kewajibannya. Kalo lebih berat itu hukuman. Bukan rukhshah. Kalo dibayangin sekali punya anak hamil dan menyusui 2 tahun, 3 periode puasa; kalo anaknya 4, 12 tahun gimana cara qadha’nya.

2/ orang sakit yang tidak ada harapan untuk sembuh
bukan yang masih ada kemungkinan sembuh. Semisal yang sudah divonis dokter ‘tak ada harapan lagi”.Langsung bayar fidyah.

3/ al-ajuz (orang yang sudah sangat tua)
langsung bayar fidyah.

Sunah-sunah puasa:
1) mengakhirkan makan sahur [ta’khir sahur]
kalo rosulullaah biasanya setelah sahur baca quran sekitar 50 ayat setelah itu tiba waktu shubuh. Nah kalo dikira-kira 50 ayatnya rosulullah itu 10 menit, makanya ada waktu jaga-jaga atau kita istilahkan imsak. Ingat> imsak itu bukan awal waktu puasa.Tapi waktu jaga-jaga.
Imsak itu semacam lampu kuning. Nah kalo lampu kuning itu maknanya apa? biasanya bapak-bapak justru tancap gas. Nah, kalo ada yang udah ambil makan sepiring ayam goreng sayur, dsb baru satu suap imsak. Saatnya tancap gas, bukan malah didiemin tapi diliatiin terus. Masih ada sekitar 10 menit, yang bisa jadi akan habis. Tapi kalo yang sudah jalan pelan-pelan dari jauh. Dah makan sahur dari agak awal, kan bisa berhenti ketika saat imsak itu hadir. kayak mobil dari jauh dah pelan-pelan waktu lampu kuning berhenti ga ketabrak.

2) menyegerakan berbuka [ta’jil pake ‘ain]
bukan ta’jil pake hamzah ya. karena artinya kebalikannya. menunda. Jadi segera berbuka. Jangan sholat maghrib dulu baru buka. Buka segera setelah tiba waktu maghrib lalu sholat.

3) berbuka kurma atau air putih. Atau dengan yang manis-manis tapi alami (belum tersentuh api)
jadi kolak ga termasuk ya ini.
kurma atau yang manis-manis itu bisa dengan cepat mengembalikan kekuatan kita sehingga bisa untuk sholat dan sebagainya. Kalo langsung nasi, energinya ga bisa langsung kembali dari nasi itu. perlu waktu sekitar 2 jam baru jadi energi.

4) baca quran
Ramadhan sering disebut juga Syahrul quran > quran turun pertama pas bulan ramadhan

من قرأ حرفاً من كتاب الله فله به حسنة ، والحسنة بعشر أمثالها ، لا أقول ” ألم” حرف ، ولكن ألف حرف ، ولام حرف ، وميم حرف

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan aliflaammiim itu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.”
(HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

apalagi pas Ramadhan, pahalanya lebih berlipat-lipat lagi.

sebaik-baik waktu baca quran ya ketika qiyamul lail. seperti yang ada dalam surah al-muzzammil

قُمِ اللَّيْلَ إِلا قَلِيلا

“bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya),”

نِصْفَهُ أَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيلا

“(yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit,”

أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا

“atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Qur’an itu dengan perlahan-lahan.”

Rasulullah kalau sholat malam itu paling sedikit 2,5 jam lah.

5) perbanyak shadaqah

Jangan hanya puasa lahir.
Bulan ramadhan ini kita diperintahkan untuk menahan diri dari hal-hal yang halal. Jika untuk hal-hal halal saja kita bisa menghentikannya apalagi untuk hal yang syubhat terlebih lagi haram.Hingga kita selesai ramadhan ini bisa ‘ka yaumin……… ‘ “sebagai suatu kaum telah kembali dalam keadaan sebagaimana ibu mereka melahirkan mereka.” (Dibawakan oleh Ibnu Rajab Al Hambali dalam Latho-if Al Ma’arif, hal. 373-374).. Itu hanya jika puasa kita benar. Bukan hanya lapar dan dahaga.

Semoga kita disampaikan pada bulan ramadhan. Mudah-mudahan Allah subhanahu wata’ala memberikan kekuatan pada kita untuk menjalankan puasa 1 bulan penuh dengan optimal dan bukan sekadar puasa lahir saja.

Wallahu a’lam bish showwab
#yang merah itu kalimat tambahannya fajar =p
#gambar dari sini

Advertisements

33 thoughts on “Sambut Ramadhan Penuh Cita dan Cinta #2

  1. dyasbaik said: horreeee, dapet tambahan bekal!!!terimakasih, kakak fajarr!!!:* <– kasih kecupahaha

    jiaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahdyaaaaaaaaaaaass.. rrrrrrrrrrrrrrrrgghhhudah buanyak tanda pentung tambah emot gituan.. hadeeeeeeeh*pingsan..

  2. umarfaisol said: slamat berpuasa mbak,, e iya tulisan arab 2 yg pertama sepertinya kurang, tidak sama dengan terjemahannya

    yang pertama niku sing pundi? +_+ *bingungsami2 =)

  3. umarfaisol said: ‘dan tidak menghendaki kesukaran bagimu’, belum ada arabnya tapi ada terjemahannya,, hehe ^_^

    oiyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.. ehehehe.. sip.. matur nuwun.. *ngedit sik..

  4. jaraway said: Semoga kita disampaikan pada bulan ramadhan. Mudah-mudahan Allah subhanahu wata’ala memberikan kekuatan pada kita untuk menjalankan puasa 1 bulan penuh dengan optimal dan bukan sekadar puasa lahir saja.

    Nyimak…..trims info & pengetahuannya…

  5. umarfaisol said: ‘dan tidak menghendaki kesukaran bagimu’, belum ada arabnya tapi ada terjemahannya,, hehe ^_^

    seephlah.. keliwat jebul ahahah.. fajar dudul.. qeqeqematur nuwun =Dpun taktambahi

  6. jampang said: 5) perbanyak shadaqah —> mau bikin promo jualan buku yang sekian ribu di setiap pembelian bukunya akan di sedekahkan :)

    waa.. kereeen..sip2.. lanjutkan.. n_nb

  7. jaraway said: Kalo dibayangin sekali punya anak hamil dan menyusui 2 tahun, 3 periode puasa; kalo anaknya 4, 12 tahun gimana cara qadha’nya.

    ini kasus real lho…*ngalamin sendiri di rumah* hehe…

  8. Kalau yg aku bc semalam, ibu hamil dn menyusui hanya dianjurkan untk mengqadha puasanya. Byr fidyah untk yg lansia. Wallahualam :)Pengen puasa, tp suami keberatan tkt kandungn knp2 kecuali udh besar seh g masalah. Soalnya tmen krja pernh ngalamin pas puasa hamil tua, Lebaran melahirkan :)

  9. azizrizki said: oo jadi fidyah tok yasoale ono koncoku wingi crita kerepotan nyaur utang ramdhan taun wingisementara jik menyusui

    naaaaah.. ikulah hikmah indah ‘aturan’ dalam Islam.ga ngabotke..yup.. fidyah =D

  10. ivoniezahra said: Kalau yg aku bc semalam, ibu hamil dn menyusui hanya dianjurkan untk mengqadha puasanya. Byr fidyah untk yg lansia. Wallahualam :)Pengen puasa, tp suami keberatan tkt kandungn knp2 kecuali udh besar seh g masalah. Soalnya tmen krja pernh ngalamin pas puasa hamil tua, Lebaran melahirkan :)

    eung kalo qadha iku waktunya juga susah kan mba von.. hamil 9 bulan nyusui sampe disapih 2 tahun.. hehe.. setau fajar si cukup fidyah.ini juga kajian ustadz Yunahar ilyas bilang begitu =)hoho.. nek ngoten bayar fidyah mawon.. =)

  11. hwwibntato said: bukan Mbak Mutia, lho … tapi المُرْضِعُ (al-murdhi’u/wanita menyusui) … he he he …

    naaaaah.. alhamdulillaah dikoreksi.. *fajar ga yakin ama pendengaran sendiri.. bener dah salah.. heuuu.. *payah banget fajar ni.. hehemakasiii bang hend =D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s