Kitab untuk Sang Ustadz [siapa mau ikuuuut? ayoo ikuutan =D]

“Saya mencoba menawar agar pembeliannya bisa dicicil sejuta per bulan…” Ujar Solikhun, ustad muda yang kerap jadi rujukan para aktivis Islam di Yogyakarta. “Tapi tidak diperkenankan. Harus tunai Rp 7 juta.”


Ilustrasi bukan kitab dimaksud, diambil dari http://kitaabun.com
Keinginan ustad yang menggeluti kajian fikih secara komprehensif dan lintas mazhab ini adalah menuntaskan kedahagaannya akan sebuah hadis. Satu hadis yang diperselisihkan derajatnya oleh para pakar hadis kontemporer, semisal al-Albani dan al-Arnauth. Kitab Ta’liq Musnad Imam Ahmad seharga 7 juta rupiah harus dipesannya ke Timur Tengah. Sayang, keinginan Solikhun untuk sementara ini terpendam.

Meski berpendidikan formal tidak sampai jenjang SMA, jangan salah sangka pada gairah ustad dari Jawa Timur ini dalam mereguk ilmu. Keingintahuannya soal hadis di atas menggambarkan bagaimana ia takpuas dengan keterangan yang sepotong-potong.
Suatu ketika, ia pernah bercerita harus merogoh isi dompetnya untuk membeli kitab (Solikhun hanya membeli kitab rujukan dalam bahasa aslinya, Arab) seharga yang bikin mahasiswa mengernyitkan dahi. Tanpa ada beban, ia relakan uang yang ada untuk memenuhi hasrat mencari ilmu agama.
Kitab 7 juta (kalau taksalah karya Asy-Syaikh Syu’aib Al-Arna’uth) terdiri dari 51 jilid. Ia merupakan referensi yang rencananya akan digunakan Solikhun buat mengajar dan sekaligus menulis. Sebuah tema thaharah tengah dia coba rampungkan untuk buku pembelajar Islam awal. Begitu pun tema-tema yang lain. “Saya sudah membuat outlinenya, Mas.”
Sebagai penghematan, menurutnya, bisa saja kitab itu ia unduh dari Maktabah Syamilah. Tapi untuk dikaji, format kitab—apalagi hingga 51 jilid—lebih memadai dalam bentuk konvensional, cetak. Malam Ramadhan kemarin, saya bisa merasakan getirnya hasrat menuntut ilmunya yang belum padam meski kitab incarannya belum teraih.
Sungguh saya kadang merasa malu pada ustad ini. Cita-cita dan himmahnya (passion) mencari ilmu begitu mewarisi seorang sarjana mumpuni. Takberlebihan ketika Daud Rasyid, salah satu doktor hadis yang dimiliki negeri ini, mengomentari kemenggebuan Solikhun dalam mencari hadis dimaksud di atas. “Yang Antum ingin ketahui itu sebenarnya bahan kajian di pascasarjana Al Azhar.”
Tentu, Solikhun tidak berniat jumawa atau gagah-gagahan mencari kitab demi popularitas. Ia justru sosok bersahaja yang rela keluarkan dana pribadinya demi ilmu. Sementara beberapa koleganya memilih berdakwah di parlemen, ia terus membina anak-anak muda dengan tsaqafah dasar secara runut dan sistematis. Sebuah pilihan yang mestinya ada perhatian dari komponen umat.
Semisal persuaan malam itu saya punya dana berlebih sesuai harga kitab yang diburunya, takragu diwakafkan pada Solikhun. Atau paling tidak, saya bisa membantu membelikan beberapa jilid, yang sisanya saya berharap ada empati serupa dari beberapa rekan yang memiliki rezeki lebih. Wakaf ataupun infak buku kepada seorang ustad atau guru yang teruji ketulusannya berbagi ilmu, sungguh sebuah aktivitas agung. Terlebih di Ramadhan.
Maka, diam-diam, saya taksampaikan pada sang Ustad ajakan dan lontaran ini: wakaf buku berjamaah guna membelikannya kita Ta’liq tadi. Saya tahu, ia takenak kalau diberitahukan. Selaku umat yang butuh pencerahan ilmu agama, zalim rasanya kita hanya mendengar kajian-kajian Ustad Solikhun sementara kita takmau tahu ia begitu memikirkan sebuah kitab yang dipandangnya amat penting namun sayang belum mampu terbeli.
Anda tergerak? Ayo kita bantu diam-diam dalam kejutan produktif, sebelum kitab itu kian naik hargannya. Kontak e-mail saya saja buat tanya soal teknisnya. []

Catatan:
Semalam (25/7), kepada saya Ustad Solikhun hanya singgung angka 7 juta. Angka ini sudah lama (karena beliau juga pernah bilang di beberapa bulan sebelumnya), maka dalam gerakan ini kita cadangkan kenaikan harga kertas dan bea kirim dari Timur Tengah. Saya hitung-hitung kebutuhan untuk 51 jilid kira-kira Rp 200 ribu/jilid. Tentu wakaf pembaca budiman tidak dibatasi. BIlapun dana terhimpun dari wakif berlebih, rencananya akan kami persilakan ke Ustad Solikhun untuk membeli kitab yang masuk dalam prioritas berikutnya, insya Allah.

GERAKAN WAKAF KITAB Bisa dikirim ke Rek. BRI Syariah cab. Jogja 1003752522 atas nama Muhammad Adhi Fibrian Ali Saifulloh. Tuliskan keterangan “Wakaf Kitab” saat mentransfer ya. Kontak pengelola gerakan: Brian (0857 2975 1825)

#fajar copas dari blognya pak Yusuf Maulana editor pro-u di sini
___________________________________________________________________________________

teman-teman yang sering ke lapak fajar mungkin sudah tak asing dengan nama ustadz Sholihun ini. Beliau ustadz di jogja yang paling fajar favoritkan. Yang pertama mengenalkan cinta pada kitab, kesungguhan cinta pada ilmu-ilmu ‘ulama. Fajar sering mengistilahkan beliau dengan “ustadz kitab berjalan”. Ngefans berat deh ah.. hehehe.. Pagi ngisi sore siang ngisi sore ngisi dari berbagai kitab pun ngalir aja.. masyaAllaah. dan daya ingat belaiau itu luar biasa. dari kitab apa gitu tau. Meski secara formal beliau tak pernah mengenyam bangku kuliahan. Tapi ilmunya luaaaarrr biasa. Manteb. Wawasan mengenai dakwah kampus pun ke
ren. Dan dakwah sya’bi pun TOP BEGETE. Beliau wawasannya sangat luas mengenai persoalan-persoalan real yang ada di masyarakat dan bagaimana kita harus menyikapinya secara kultural.

Oiya dulu fajar juga pernah bilang (di qn kalo ga salah) kalo beliau itu pernah bilang “kitab ini lebih penting dari istrinya” ketika kehilangan sebuah kitab berharga. Sedihnya luar biasa. Begitu cintanya pada ilmu.

Pernah dulu di sebuah tatsqif beliau bercerita penuh canda mengingat-ingat peristiwa beberapa hari sebelumnya, bahwa beliau baru saja minjem uangnya brian (waktu itu brian juga ada di situ) untuk membeli kitab-kitab. “Ya kemarin terpaksa pinjem uang mas Brian, buat beli kitab.” sambil tertawa. Nilainya jutaan waktu itu. Waktu itu fajar hampir nangi dengernya. Tertampar. Belum bisa memprioritaskan dana demi ilmu seperti itu. Dan beliau dengan keterbatasan yang ada tak mengenal kata cukup untuk ilmu yang dimiliki. Pembelajar sejati.

Jadi bagi rekan-rekan yang berkenan untuk ikut serta dalam wakaf ini, fajar seneeeng banget. hehehe. InsyaAllaah akan menjadi amal jariyah dan berbuah ilmu yang bermanfaat. Kitab itu akan dipegang orang yang sangat tepat dan tertularkan ilmunya ke khalayak luas… jadi.. yuuk.. *halah.. hehehe..

Jazaakumullaahu khoyron

Kalo ada yang mau bantuin nyebar silakan.. =) *sangat senang… hehehe *mauuunya..

Advertisements

49 thoughts on “Kitab untuk Sang Ustadz [siapa mau ikuuuut? ayoo ikuutan =D]

  1. subhanallah…begitu sadarnya akan ilmu ya mb jarrr..huaa…semangat imam an-nawawi tertular dan menjelma sekali ke beliau ust sholihun…hiks pengen ikut wakaf kitab unt sang ustadz..tpi ngeliat isi dompet dan rekening huhuhuhu…..sampai sekarang pun sy pling susah bs memprioritaskan sesuatu…

  2. profil biodata minta tolong lebih dijelaskan dong mbak…. BRI syariah ya? wah kudu pake setor tunainya kalau pake keterangan? la kalau di sini ndak ada BRI syariah Ik ~_~a

  3. jaraway said: Ustadz Sholihun: Adab Berbicara dan Mendengardi Majelis Akhlaqul Karimah (Makkah) di Masjid Nurul ‘Ashri Deresan Yogyakarta

    ahhh kangen masjid iniiihhhh…..kalo beliau telat atau terpaksa harus menjadi korban pengganti ust yg berhalangan ngisi kajian, beliau selalu minta maaf dulu hehe..sy malah jd bersemangat kl yg ngisi adl beliau hehe ^^…..

  4. Kumpulan link donlot rekaman kajian beliau di KRPH 2012 ada di sini =DKitab Riyadhush sholihinKITAB RIYADUS SHOLIHIN (UST.SHOLIHUN) 14 JAN 2012B.mp3 http://www.mediafire.com/?ivt9kqec79yvb61KITAB RIYADUSH SHALIHIN (UST. SHOLIHUN) 3 MARET 2012.mp3 http://www.mediafire.com/?ngl0f6yw3i5c3rhKITAB RIYADUSH SHALIHIN (UST. SHOLIHUN) KRPH SABTU, 14 JULI 2012.mp3 http://www.mediafire.com/?7ctgag7pmtcdc1hIMAN DAN CABANG-CABANGNYA #1 (UST. SHOLIHUN) KRPH SABTU 30 JUNI 2012.mp3 http://www.mediafire.com/?ammud8o9mzm6n9dPENERAPAN KAIDAH SADDUDZ DZARI’AH DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI (UST. SHOLIHUN) 10 APRIL 2012.mp3 http://www.mediafire.com/?g48ik7a8x642lklHADITS ARBA’IN KE-40 [GUNAKAN SEHATMU UNTUK SAKITMU DAN HIDUPMU UNTUK MATIMU] (UST. SHOLIHUN) 31 MARET 2012.mp3http://www.mediafire.com/?65zy55k4jnqba9ePERAN MUSLIMAH DI RANAH PUBLIK (UST. SHOLIHUN) SELASA, 8 MEI 2012.mp3 http://www.mediafire.com/?9n869exidz9e96fMENJAGA KEBENARAN QUR’AN DAN SUNNAH DENGAN ILMU (UST. SHOLIHUN) 10 MARET 2012.mp3 http://www.mediafire.com/?1h485vkm20g2rxv

  5. cawah said: subhanallah…begitu sadarnya akan ilmu ya mb jarrr..huaa…semangat imam an-nawawi tertular dan menjelma sekali ke beliau ust sholihun…hiks pengen ikut wakaf kitab unt sang ustadz..tpi ngeliat isi dompet dan rekening huhuhuhu…..sampai sekarang pun sy pling susah bs memprioritaskan sesuatu…

    huum, keren BeGeTe lah.. =Dhehehe.. =D mastatho’tum =)iyoo podho *jleb

  6. hwwibntato said: luar biasa sekali semangatnya, ya …betul-betul berhasrat terhadap ilmu …semoga Allah memberkahinya …

    iyaaaaaaaaaaa.. luaaaaaaaaaarrr biasaaaa *maluuu.. aamiin.. semoga.. semoga..semoga kita juga =)

  7. fightforfreedom said: Masya Allah, sungguh kecintaan akan ilmu, yang sangat bermanfaat bagi umat. Semoga dimudahkan proyek wakaf ini. aamiin.

    iya pak.. manteb bangeeet deh.. hehehe aamiin.. aamiin.. amiin.. =D

  8. nanazh said: profil biodata minta tolong lebih dijelaskan dong mbak…. BRI syariah ya? wah kudu pake setor tunainya kalau pake keterangan? la kalau di sini ndak ada BRI syariah Ik ~_~a

    waaaah.. perlu penjelasan tentang apane? =Dhehehe.. sms ae brian nek butuh rekening liyane.. mesthi digolekke.. ana lah.. hehe =D

  9. jejak2mimpi said: Subhanallah…jadi pengen denger kajiannya beliau…Semoga Allah merahmati dan memberkahinya.. aamiin…

    ntuu.. dengerin aja mba.. tafadldloly =DAamiin. semoga kita juga =)

  10. cawah said: ahhh kangen masjid iniiihhhh…..kalo beliau telat atau terpaksa harus menjadi korban pengganti ust yg berhalangan ngisi kajian, beliau selalu minta maaf dulu hehe..sy malah jd bersemangat kl yg ngisi adl beliau hehe ^^…..

    hooh.. emang mesthi minta maaf.. dadi mak jleb2.. hehehe =D

  11. nanazh said: weeeeeeeeeeh ada tautan kajiannya… sumantaaaaaaaaaaaaap temenan… maturnuwun mbak… ngepas perlu banget audio kajian

    iyoooo.. ketok jarang updet blogq haghaghag.. =psiiiip.. monggo didunlut.. =D

  12. aku juga mau dunk… :Dini nih, yg udah ada di waiting list:1. Al-Umm (Imam Syafi’i)2. Fathul Baari3. Al-Mughni (ibnu Qudamah)kalau ada yg mau jual 2nd, harga cocok boleh deh… :D

  13. susie89 said: nak misale pengen transfer lewat ATM, ora iso nulis keterangan tho mbak…trus piye?*paling males ke bank dot kom*

    sms ning cpne ae ncus.. =Dkabari nek wis transfer..

  14. terharu membaca apa yang di post-kan mbak ato mas fajar (versi tofan ariefandi) soal ustadz tersebut. semoga Allah bimbing ia dalam bahtera istiqomah dan kebersahajaan yang mengalir penuh pesona ibrah di dalamnya.

    • weleh dikunjungi abine HanHun
      hahaha.. toffan ariefiadi maksude?
      aamiin..
      aih ustadz kemaren minjemin fajar jas ujan.. hahahha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s