Muhammad Akhyar: RILIS AKSI PENGGUSURAN KIOS DI STASIUN KA PONDOK CINA 14 JANUARI 2013

Muhammad Akhyar: RILIS AKSI PENGGUSURAN KIOS DI STASIUN KA PONDOK CINA 14 JANUARI 2013.

 

RILIS AKSI PENGGUSURAN KIOS DI STASIUN KA PONDOK CINA 14 JANUARI 2013

14 Januari 2013 Mahasiswa Universitas Indonesia, LBH Jakarta, Dompet Dhuafa, dan Paguyuban Pegiat Usaha Stasiun Se-Jabodetabek melaksanakan aksi di Istana Negara. Puncak aksi ini terjadi karena penggusuran kios resmi yang dilakukan sepihak oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). Ketika aksi dilangsungkan, PT KAI melalui Ari Soepradi (Kepala Pengamanan DAOP 1 PT KAI) menyewa preman untuk menggusur kios-kios pedagang di Stasiun KA Pondok Cina . Peristiwa ini terjadi antara pukul 09.30 – 10.00 WIB.

Ketika penggusuran terjadi, penjaga kios sedang melakukan aktivitas berdagang seperti biasa. Preman juga melakukan kekerasan kepada pedagang kios dan memukuli beberapa mahasiswa Universitas Indonesia yang mencoba menghalangi aksi pengrusakan kios oleh preman yang disewa oleh PT KAI. Kebanyakan pedagang yang sedang menjaga kios pada saat itu adalah ibu-ibu, bahkan seorang Mahasiswa UI, M.N. Fitra (FKM UI 2010) kepalanya dipukul dengan linggis dan celananya robek.

Para preman juga merusak gadget yang digunakan untuk merekam pengrusakan dan kekerasan yang dilakukan selama aksi penggusuran berlangsung. Pengrusakan ini melanggar pasal 170 ayat (1) KUHP dengan sanksi maksimal penjara 5 tahun 6 bulan.

Pedagang menuntut sebelum digusurnya kios-kios mereka untuk diadakan dialog dengan Ignatius Jonan (Direktur Utama PT KAI), sebagaimana telah diamanahkan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KomnasHAM) beberapa waktu lalu.

 

Oleh : BEM Seluruh Universitas Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s